BATAM TERKINI

Mencengangkan Bawaslu Temukan 10 Ribu Pemilih Ganda Masuk di DPT Kota Batam. Ini Kata KPU Batam

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan mencermati temuan data ganda oleh Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) mencapai 10 ribu pemilih ganda

Mencengangkan Bawaslu Temukan 10 Ribu Pemilih Ganda Masuk di DPT Kota Batam. Ini Kata KPU Batam
Ketua KPU Kota Batam 

TRIBUNBATAM.id,BATAM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan mencermati terkait temuan data ganda oleh Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam yang mencapai 10 ribu pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Mengenai penemuan data ganda ini, kami dari KPU Batam akan mencermati hal ini,"kata Ketua Komisioner KPU Batam, Syahrul Huda, Kamis (06/09/2018).

Lanjutnya, bahwa KPU memiliki waktu tiga hari mulai dari Kamis (06/09/2018), untuk menyelaraskan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Batam, sebelum pleno.

Terkait temuan ribuan data ganda ini juga masih belum bisa dipastikan. Pasalnya Bawaslu belum menyerahkan data valid ke KPU Kota Batam.

"Jadi terkait data ganda yang ditemukan ini harus ditelusuri dulu, di mana ditemukannnya,"tuturnya.

Syahrul juga memberitahu, bahwa jangka waktu tiga hari tersebut merupakan rekomendasi dari KPU Provinsi, untuk menemukan titik-titik data ganda DPT tersebut.

"Perbaikan diminta cepat dilakukan, sebelum agenda lain dijalankan. Namun saat ini datanya masih di Bawaslu. Kalau sudah diberikan kami langsung turun bersama PPK untuk mencaru tahu kegandaan ini,"terangnya.

Dia juga menyampaikan, untuk mempermudah pengecekan ganda, KPU Batam akan menggunakan sistem untuk membatu KPU dalam memverifikasi ribuan data ganda. Sebab KPU memiliki sistem, untuk mencocokkan data yang ada.

Selain itu, apabila data ganda sudah diserahkan Bawaslu, KPU bisa meminta PPK dan PPS untuk meninjau ulang di tiap kecamatan di Kota Batam.

"Kami akan melakukan pengecekan kembali.Sebab data ganda ini harus dihapus, agaf bisa mendapatkan jumlah DPT yang sebenarnya,"katanya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved