BATAM TERKINI

14.134 Pemilih Pemula Belum Rekam Data e-KTP, Ini Tindakan Disdukcapil Kota Batam

Disdukcapil mencatat, sebanyak 14.134 usia pemilih pemula belum melakukan perekaman terhitung sejak 27 Agustus 2018 lalu.

14.134 Pemilih Pemula Belum Rekam Data e-KTP, Ini Tindakan Disdukcapil Kota Batam
Muhammad Teddy Nuh 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - 14.134 pemilih pemula belum rekam data e-KTP, ini tindakan Disdukcapil Kota Batam.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kota Batam, mencatat ada sebanyak 14.134 usia pemilih pemula belum melakukan perekaman dari data yang terhitung sejak  27 Agustus 2018 lalu.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Kota Batam, Muhamad Teddy Nuh menyampaikan, banyaknya usia pemilih pemula yang belum melakukan perekaman ini, membuat Disdukcapil terus berupaya semaksimal mungkin melakukan perekaman dan mengajak masyarakat agar proaktif untuk melakukan perekaman.

Hal ini guna mendukung peyelenggara pemilu pada tahun 2019 nanti.

"Kami mengimbau masyarakat untuk proaktif melakukan perekaman di kantor camat masing-masing. Apalagi bagi pendatang yang sama sekali belum melakukan perekaman dan masih menggunakan KTP-el Kampung," tutur Teddy, Jumat (7/9/2018).

Baca: 41 Anggota DPRD Malang Terlibat Korupsi Berjamaah, Simak 5 Fakta yang Bikin Miris Berikut

Baca: VIDEO. Inilah Detik-detik Valentino Rossi Tolak Jabat Tangan Marquez jelang MotoGP San Marino

Baca: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Dahan Pohon di Pinggir Jalan Ini Tumbang Nyaris Hantam Pengendara

Teddy juga memberitahu, bahwa dalam rangka mendukung KPU Batam untuk data penduduk yang hendak memasuki usia 17 tahun, pihaknya sudah melaksanakan perekaman keliling ke setiap sekolah.

"Pelaksanaan perekaman ini sudah kita laksanakan sejak akhir tahun 2017 lalu, dan sudah banyak juga pemilih pemula yang sudah merekam,"terangnya.

Dia juga menyebutkan, perekaman juga dilakukan secara mobile dan terus digalakkan oleh Disdukcapil Kota Batam.

"Perekaman terus kita lakukan, karena usia penduduk Batam itu bertambah tiap harinya. Khususnya pada usia remaja yang duduk dibangku SMA,"katanya.

Lanjutnya, perekaman yang diadakan disetiap sekolah ini pun ditujukan kepada siswa yang berusia 16 tahun dan hendak memasuki usia 17 tahun.

"Karena kita tahu sendiri, jelang Pemilu 2019 banyak pelajar yang akan memasuki usia 17 tahun," ujarnya.

Teddy juga menjelaskan, bahwa di tengah pihaknya melakukan perekaman kepada pelajar disekolah yang masih mendekati usia 17 tahun, nanti pelajar tersebut akan mendapatkan resi bukti perekaman.

"Kita hanya mengeluarkan resi bukti perekaman saja, bukan memberikan Surat Pengganti KTP-el atau memberikan fisik KTP-el,"jelasnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved