Anambas Terkini

Potensi Diving di Anambas Bakal Bisa Sejajar dengan Raja Ampat. Ini Kelebihan Bawah Lautnya

Keindahan bawah laut dengan keanekaragaman terumbu karang dan jenis ikan, menjadi salahsatu daya tarik potensi pariwisata di Anambas

Potensi Diving di Anambas Bakal Bisa Sejajar dengan Raja Ampat. Ini Kelebihan Bawah Lautnya
TRIBUNBATAM/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Lokasi bawah laut yang menjadi Spot Diving di Kepuluan Anambas, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Diving menjadi potensi di Anambas. Keindahan bawah laut pada sejumlah lokasi, ditambah dengan keanekaragaman terumbu karang dan jenis ikan, menjadi salahsatu daya tarik yang menjadi potensi pariwisata di Anambas.

Meski diving memiliki potensi, namun banyak sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian. Mulai dari akses menuju spot diving, ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pariwisata, menjadi hal agar sektor unggulan ini menjadi optimal.

Baca: Promosi Spot Diving Hingga Mancanegara, Ini yang Dilakukan Disparbud Anambas

Baca: Anak Laut Diving Team, Dunia Bawah Air Itu “Surga”

Baca: PERHATIAN! Jangan Lakkan Ini Saat Diving agar Koral d Laut Tetap Indah

"Ada beberapa hal yang mungkin menjadi perhatian. Misalnya saja soal transportasi dan infrastruktur. Sayang kalau potensi terumbu karang yang bagus, namun tidak maksimal dalam pengelolaannya," ujar Rohadi seorang penggiat diving di Anambas, Kamis (20/9/2018).

Beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara yang pernah ia bawa mengaku takjub dengan taman bawah laut Anambas yang masih asri.

Mereka pun optimistis, kalau potensi diving ini bisa sejajar dengan Raja Ampat yang kadung dikenal oleh dunia Internasional. Ia mengatakan, ketersediaan alat untuk menunjang olahraga diving ini, menurutnya perlu menjadi perhatian.

Menurutnya, wisatawan yang datang ke Anambas beranggapan kalau akses untuk mendapatkan peralatan diving bisa diperoleh dengan mudah.

"Kecenderungan mereka berpikir seperti itu. Nah, ini yang menurut saya perlu ditangkap oleh pemangku kebijakan," ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur mengakui, meski memiliki potensi namun sejumlah kendala masih ditemui dalam merealisasikan diving di Anambas, salahsatunya mengenai pangsa pasar yang cenderung tidak berkelanjutan.

"Anambas memiliki potensi wisata bahari. Bahari tentu identik dengan laut. Untuk potensi diving memang luar biasa, memang masih ada yang perlu dibenahi dalam mengoptimalkan potensi ini," ungkapnya.

Ia mengatakan, salahsatu hal prioritas yang perlu dilakukan dengan segera adanya dive centre yang terakreditasi serta teregister di Anambas.

Hal ini menurutnya penting untuk memudahkan wisatawan yang hendak berkunjung dan ingin diving di Anambas.

Ia pun mengapresiasi hadirnya salahsatu lokasi yang dibangun swasta dengan fokus untuk diving.

"Seperti yang berlokasi di Tanjung Kumbik di Kecamatan Siantan Timur itu. Mereka serius dan fokus pada bidang diving, meskipun dengan segala keterbatasan dan kendala yang ada. Untuk lokasi dive centre memang sudah ada di Anambas yang berlokasi di Tanjung Momong Kecamatan Siantan," ungkapnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved