BATAM TERKINI

Dinsos Tidak Terima Proposal, Tapi Dana Bansos Dialokasikan. Udin Minta Usut Tuntas

Saya yakin kalau ini diusut, akan terkungkap yayasan mana saja yang fiktif dan siapa sebenarnya pemilik yayasan itu

Dinsos Tidak Terima Proposal, Tapi Dana Bansos Dialokasikan. Udin Minta Usut Tuntas
TRIBUNBATAM/ARGIANTO DA NUGRAHA
Anggota DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho 

TRIBUNBATAM.id, BATAM -Banyak Yayasan di Kota Batam sebagai calon penerima dana bansos (bantuan sosial) terdata di Dinas Sosial. Anehnya dari beberapa yayasan calon penerima dana bansos atau hibah, Dinsos Kota Batam tak pernah menerima proposal dari yayasan yang mengajukan dana bansos atau yayasan yang menitipkan proposal untuk diteruskan ke bagian Kesra.

Pasalnya sesuai dengan prosedur yayasan penerima dana bansos atau hibah itu proposal pengajuannya harus melalui OPD yang bersangkutan yakni Dinas Sosial. Hal ini semakin membuka sebenarnya siapa yang mengalokasikan dana hibah ini.

"Hal ini kan dibahas saat RDP dengan Dinsos Jumat kemarin. Kejadian ini semakin membuka sebenarnya siapa yang mengalokasikan dana hibah. Karena bukan kecil nominalnya, rata-rata satu penerima itu Rp 75 juta," ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Batam, Udin Sihaloho, Minggu (23/9/2018).

Baca: Berkas Kapal Penyeludupan Solar Masuk P21, Polisi Tunggu Petunjuk Jaksa

Baca: Hadiri Deklarasi Damai, Peserta Parpol di Bintan Ini Datang Dengan Motor Bebek Super Nyentrik

Baca: Ternyata Lambang MPP Dibuat Gustian Riau, Akan Digunakan Seluruh Indonesia

Diakuinya banyak proposal calon penerima dana bansos atau hibah ini tak melalui prosedur yang semestinya. Namun langsung melalui orang dalam OPD atau oknum agar proposal langsung disetujui.

"Saya yakin kalau ini diusut, akan terkungkap yayasan mana saja yang fiktif dan siapa sebenarnya pemilik yayasan itu. Apakah orangnya berganti atau hanya itu itu saja," tegas Udin.

Udin menyebutkan kejanggalan tersebut sesegera mungkin untuk diluruskan dan diusut oleh penegak hukum. Baik dengan jalan masuknya melalui kejanggalan tersebut.

"Pihak Dinsos saja mengakui belum ada pernah menerima proposal pengajuan dana bansos atau hibah dari yayasan, dapat dipastikan proposal itu masuk melalui jalan by pass ke oknum," tuturnya. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved