CPNS 2018

Formasi CPNS Kemenkumham di Kepri Sangat Minim, Ini Jumlah yang Dibutuhkan

"Di seluruh Indonesia penerimaan CPNS untuk Kemenkumham totalnya hanya 2000 saja. Dan sebenarnya untuk menutupi kekurangan tahun sebelumnya,"

Formasi CPNS Kemenkumham di Kepri Sangat Minim, Ini Jumlah yang Dibutuhkan
TRIBUNBATAM
Rinto Gunawan Sitorus Humas Kanwil Kemenkumham Kepri 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Formasi penerimaan CPNS Kemenkumham untuk wilayah Kepri tahun ini terbilang cukup sangat kecil.

Dari tahun 2017 lalu jumlah kuota CPNS dan yang telah diterima sebagai PNS di sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah jajaran Kemenkumham Kepri baik Imigrasi Lapas, Rutan dan Kanwil sendiri sebanyak 500 orang.

Namun tahun ini hanya 49 orang saja. Angka itu terbagi di seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Kepri ke baik itu Rutan, Lapas, Kanwil Kemenkumham dan juga balai diklat.

Lantas berapa sebenarnya kuota yang diajukan oleh Kemenkumham Kepri pada tahun ini?

Rinto Gunawan Sitorus Humas Kanwil Kemenkumham Kepri menjelaskan bahwa penerimaan CPNS tahun ini diakui sedikit. Ia menyebutkan jumlah tersebut untuk menutupi kekurangan-kekurangan tahun lalu.

"Di seluruh Indonesia penerimaan CPNS untuk Kemenkumham totalnya hanya 2000 saja. Dan sebenarnya untuk menutupi kekurangan tahun sebelumnya," kata Rinto dikonfirmasi, Minggu (7/10/2018).

Baca: Cegah Praktik Pungutan Liar, Saber Pungli Karimun Pantau Penerimaan CPNS

Baca: INFO CPNS 2018 - Begini Cara Temukan Formasi CPNS yang Hilang di sscn.bkn.go.id

Baca: Banyak Pelamar Resah, Formasi CPNS 2018 Menghilang di sscn.bkn.go.id

Secara pasti berapa data pengajuan untuk CPNS tahun ini ia tidak begitu hafal dan perlu membuka data. Namun memang untuk penerimaan CPNS Kemenkumham di seluruh Indonesia terbilang cukup sedikit dan jauh jika dibandingkan seperti tahun lalu.

"Kalau bicara kurang tetap kurang dan belum ideal. Kita bersyukur. Tapi nantinya akan dilakukan secara bertahap penambahan CPNS di Kepri. Pemerintah pusat tentunya sudah mempertimbangkan berapa jatah untuk masing-masing daerah termasuk Kepri," ucapnya.

Saat ini proses penerimaan CPNS Kemenkumham masih memasuki tahap pendaftaran. Berapa total pendaftar untuk formasi CPNS Kemenkumham Rinto mengaku perlu membuka data terlebih dahulu.

Selanjutnya setelah proses pendaftaran selesai, maka para peserta CPNS yang lolos akan mengikuti seleksi mulai dari ujian sistem CAT, Samapta hingga wawancara dan terakhir pengumuman peserta yang lolos. (wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help