PEMILU 2019

Tak Perlu ke Kantor Lurah, Begini Cara Daftar Nama di DPT Lewat Gadget

KPU Kota Batam mengimbau pada warga Batam yang sudah punya hak pilih untuk aktif dalam mengecek nama mereka di DPT Pemilu 2019

Tak Perlu ke Kantor Lurah, Begini Cara Daftar Nama di DPT Lewat Gadget
KPU.go.id
Maskot Pemilu 2019 

TRIBUNBATAM.id,BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengimbau kepada warga kota Batam yang sudah punya hak pilih untuk aktif dalam mengecek nama mereka di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Komisioner KPU Batam, Divisi Program dan Data Sudarmadi, menuturkan, bahwa kepada segenap warga kota Batam untuk turut aktif mengecek keterdaftaran mereka di DPT dalam rangka menyukseskan pemilu 2019.

"Untuk pengecekan ada dua fasilitas cara yang diberikan dan bisa dilakukan warga,"terangnya, Selasa (23/10/2018).

Lanjut Sudarmadi, yakni untuk pengecekan data bisa dengan langsung datang ke posko #GerakanMelindungiHakPilih (GMHP) yang tersedia di setiap kecamatan sesuai dengan domisili warga yang bersangkutan.

Di mana di posko tersebut, petugas akan membantu pemilih untuk mengecek keterdaftaran warga dalam DPT.

Baca: Kasus LGBT Makin Marak di Batam, Kepala Kantor Kemenag Bagikan Tips Mencegahnya

Baca: Setelah Terlibat Kasus Penganiayaan Bidan, dr Yusrizal Sulit Dihubungi. Ini Kata Kadinkes Kepri

Baca: Dituduh Curi Motor, Pria Ini Nyaris Diamuk Massa di Terowongan Pelita Batam

Baca: Kesal Disebut Gajah, Pria Ini Culik, Ikat dan Lempar Korban ke Sungai Hidup-hidup

Baca: Remaja Nekat Gasak Motor dan Menyembunyikannya di Semak, Begini Nasibnya saat Ketahuan

"Sedangkan cara ke-dua, melalui portal https://sidalih3.kpu.go.id,"terangnya.

Sudarmadi memberitahu, untuk cara kedua ini pemilih tak perlu lagi datang ke kantor kelurahan atau posko, cukup menggunakan jaringan internet, baik itu dari handphone ataupun alat elektronik pendukung yang bisa menggunakan internet untuk dapat login ke weibsite tersebut.

Sedangkan untuk langkah-langkah pengecekan secara online yaitu, pertama mengunjungi alamat website https://sidalih3.kpu.go.id, nanti di halaman awal portal pemilih akan diminta untuk memilih provinsi tempat tinggal masing-masing sesuai dengan yang terdata di kartu tanda penduduk (KTP).

Setelah mengisi kolom provinsi, lalu isi kolom kabupaten/kota domisili, masih sesuai dengan tempat tinggal di KTP.

Selanjutnya, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP pada kolom "NIK" di bawah kolom kota/kabupaten. Isi angka NIK dengan benar.

"Nah di sana akan muncul kolam untuk memasukkan nama di kolom "Nama" yang tersedia di samping kolom "NIK". Masukkan nama sesuai KTP. Terakhir, klik ikon "cari pemilih" yang terdapat di sebelah kanan kolom "Nama". Tunggu hasil pencarian, kemudian akan terlihat apakah pemilih sudah terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 atau belum,"terangnya.

Masih Sudarmadi, apabila sudah terdaftar, maka portal akan menampilkan nama, NIK, TPS, jenis kelamin, kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan provinsi pemilih. Pastikan seluruh data diri yang tercantum sudah benar.

"Namun jika tidak terdaftar, data anda tidak akan muncul. Warga bisa melapor ke posko GMHP yang disediakan di tiap kecamatan atau bisa langsung memberitahu ke kantor KPU Batam," jelasnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved