BATAM TERKINI

Pungutan Uang Parkir di Barelang Dipastikan Ilegal, Saber Pungli Dipesilahkan Lakukan Tindakan

"Kita tidak ada keluarkan ijin disana, wilayah itu memang tidak ada ijin, karcisnya juga buatan sendiri. Itu boleh tim saber pungli untuk masuk kesana

Pungutan Uang Parkir di Barelang Dipastikan Ilegal, Saber Pungli Dipesilahkan Lakukan Tindakan
TRIBUNBATAM.id/DEWI HARYATI
Contoh karcis parkir di Jembatan Barelang 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Pungutan retribusi parkir di kawasan wilayah jembatan Barelang dan sekitarnya merupakan kegiatan ilegal. Untuk itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam mempersilahkan tim Saber Pungli untuk menindaknya.

"Kita tidak ada keluarkan ijin disana, wilayah itu memang tidak ada ijin, karcisnya juga buatan sendiri. Itu boleh tim saber pungli untuk masuk kesana," kata Rustam Effendi, Kepala Dishub Kota Batam, Kamis (25/10/2018)

Rustam mengatakan, karcis retribusi yang dikeluarkan Dishub Batam merupakan hasil koorporasi dengan Dispenda Batam. dan karcis itu memiliki tanda khusus.

"Karcis yang dikeluarkan Dishub itu di koorporasi dengan Dispenda. Kita ada lihat karcis dari parkir Barelang itu, saya dikirim foto sama Kepala UPT nya, jadi memang ilegal. Tanda bahwa karcis parkir resmi itu ada lubang-lubang kecil banyak dan ada stampel serta logo Dishub dan Dispenda," tegas Rustam.

Baca: Dilarang Parkir di Atas Jembatan Barelang, Tapi Ada Oknum Minta Uang Parkir Rp 5.000

Baca: Dishub Batam Usulkan Target Parkir Rp 30 Miliar Tahun 2019, Ini Kiat yang akan Diterapkan

Baca: Dishub Batam Targetkan PAD Parkir 2019 Sebesar Rp 30 Miliar. Ini Strategi Mencapainya

Wilayah parkir resmi di Kota Batam, tercantum dalam surat keputusan (SK) Walikota Kota Batam, memiliki ratusan titik parkir resmi yang beroperasi.

"Kalau di Barelang baik di jembatan maupun dendang melayu itu memang betul-betul tidak ada titiknya. Karena titik parkir itu di SK kan Walikota loh. Di Batam sendiri kita ada 567 titik parkir, yang beroperasi aktif baru 422 titik. Kalau yang di Barelang itu tak termasuk dan itu memang pungli," paparnya.

Rustam mengimbau, kepada masyarakat yang menerima dan mendapatkan karcis parkir ilegal dapat melaporkan kepada aparat berwenang dalam hal ini kepolisian.

"Apabila masyarakat yang menerima dan mendapatkan parkir liar itu dapat melaporkan kepada aparat yang berwenang atau Saber Pungli," tutupnya.(drs)

Penulis:
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved