BATAM TERKINI

Pegatron, Perakit Komponen iPhone Dikabarkan Alihkan Produksinya ke Batam

Perusahaan perakit komponen iPhone asal Taiwan, Pegatron, dikabarkan bakal mengalihkan sebagian produksinya dari China ke Batam.

Pegatron, Perakit Komponen iPhone Dikabarkan Alihkan Produksinya ke Batam
squarespace
ilustrasi investasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Perusahaan perakit komponen iPhone asal Taiwan, Pegatron, dikabarkan bakal mengalihkan sebagian produksinya dari China ke Batam.

Hal ini diduga akibat imbas perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China, membuat perusahaan ini berencana mengalihkan produksi non-iPhone yang terkena tarif AS, ke sebuah pabrik yang disewa di Batam dalam enam bulan ke depan.

Seorang sumber mengatakan, investasi akan dimulai bulan depan (Januari) dan diperkirakan produksi penuh pada pertengahan tahun 2019.

Sumber lain mengatakan, investasi dilakukan bulan ini (Desember) atau paling lambat awal bulan depan. Menurut sumber, investasi ini tidak bisa ditunda-tunda.

Menanggapi kabar tersebut, Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Budi Santoso mengatakan, pada prinsipnya BP Batam akan membuka pintu untuk masuknya Pegatron ke Batam.

Baca: Ngaku Aparat BNN, 3 Pria Ini Tak Cuma Peras Uang Korban Tapi Juga Rampas Sabu dan Dipakai Pesta

Baca: Ini Dia 7 Video Musik Paling Populer 2018 Versi Youtube. Ada Siti Badriah hingga Via Vallen

Baca: CATAT! Ini Dia Jadwal Pasar Murah di Batam Jelang Natal dan Tahun Baru

Baca: INFO CPNS 2018 - Kapan Pengumuman Hasil SKD Kemenag dan Peserta SKB CPNS 2018? Ini Penjelasannya

Selain itu membantu kelancaran serta memberikan berbagai kemudahan sesuai regulasi yang ada.

"Masuknya investasi ini akan banyak menyerap lapangan kerja dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Batam," kata Budi kepada Tribun.

Kasubdit Humas BP Batam, Mohamad Taofan mengatakan, kabar rencana masuknya Pegatron ke Batam harus disambut baik. Meskipun saat ini perusahaan asal Taiwan tersebut belum menanamkan investasinya.

"Belum masuk. Tapi ini hal yang positif. Batam harus sambut baik," kata Taofan.

Ia menilai, rencana masuknya Pegatron dimungkinkan karena efek promosi investasi yang dilakukan BP Batam ke negeri Tirai Bambu tersebut, beberapa waktu lalu. Dari informasi itu, lantas menjadi pertimbangan bagi Pegatron untuk memilih Batam sebagai tujuan investasinya.

"Kita harus sambut baik ini," ujarnya.

Sementara itu, disinggung soal lokasi yang bisa dipergunakan Pegatron untuk berproduksi di Batam, mereka akan melihat terlebih dahulu sejauh mana kebutuhan perusahaan perakit komponen iPhone asal Taiwan ini.

"Kita tawarkan sejauh mana kebutuhan mereka. Ada alternatifnya. Bisa ke kawasan-kawasan industri, sebagian ke daerah industri yang sudah berpengalaman. Seperti Satnusa, dan lainnya," kata Taofan. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved