BINTAN TERKINI

Barongsai dan Lelang Miniatur Patung Siho, Warnai Sembahyang Keselamatan Warga Tionghoa Toapaya

"Khusus lelang ini, dilelang barang-barang yang dianggap bermanfaat. Dan ini merupakan bagian juga menyambut Imlek,"kata Heri.

Barongsai dan Lelang Miniatur Patung Siho, Warnai Sembahyang Keselamatan Warga Tionghoa Toapaya
TRIBUNBATAM.id/AMINUDDIN
Suasana acara sembahyang keselamatan warga Tionghoa di Klengteng Setia Bhakti Sasana Toapaya, Selasa (7/1/2018) 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Warga Tionghoa Toapaya menggelar sembahyang keselamatan di Setia Bhakti Sasana, Selasa(7/1/2019).

Ketua Panitia Sembahyang Keselamatan, Heri Haryono mengatakan, perayaan keselamatan dilakukan setiap tahun. Tradisi demikian sudah digelar 84 kali di Bintan.

Adapun kegiatan yang digelar selain sembahyang sendiri yang sudah dilakukan pada Senin malam, digelar juga atraksi kesenian barongsai dan diakhiri dengan pelelangan barang seperti miniatur patung shio babi dan beberapa hasil pertanian.

Kebetulan, hampir sebagian besar warga Tionghoa Toapaya bermata pencaharian sebagai petani.

Baca: Tingkatakan Kemampuan Keterampilan, Pemko Batam Buka Pelatihan untu Pencaker. Ini Syaratnya

Baca: Ucapan Imlek 2019 dan Ramalan Shio di Tahun Babi Tanah. Kemakmuran Shio Tikus

Baca: Makmurkan Masjid, Kapolres dan Wakapolres Ikut Bersihkan Surau

Baca: Belum ada Tersangka Lain di Kasus Plat Baja, Hernowo: Siapapun Terlibat akan Kita Tangkap dan Proses

Kegiatan pelelangan berlangsung meriah dan unik. Sangking uniknya beberapa warga Bintan non Tionghoa datang menyaksikan.

"Khusus lelang ini, dilelang barang-barang yang dianggap bermanfaat. Dan ini merupakan bagian juga menyambut Imlek,"kata Heri.

Dari kegiatan lelang barang, panitia acara berhasil menghimpun dana lebih dari Rp 100 juta. Dana tersebut sebagian akan dipakai sebagai operasional yayasan untuk mengembangkan klenteng Setia Bhakti Sasana Toapaya. Selain itu juga untuk membiayai operasional kegiatan lanjutan seperti acara acara kesenian khas Tionghoa dan beberapa kegiatan lainnya.

Total ada 20 lebih item barang berhasil dilelang. Seperti paket saji berisi durian, pisang dan hasil hasil pertanian lainnya.

Haryono bahagia acara dihadiri juga warga non Tionghoa. Menurut dia, itu membuktikan bahwa tradisi Tionghoa juga diterima warga Bintan.(min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved