Karimun Terkini

Tiga Guru Honor Ikut Melamar Jadi Relawan Demokrasi Pemilu 2019. Ini Proses Tes yang Harus Dilalui

Seleksi seleksi calon Relawan Demokrasi dilakukan dalam bentuk wawancara

Tiga Guru Honor Ikut Melamar Jadi Relawan Demokrasi Pemilu 2019. Ini Proses Tes yang Harus Dilalui
Tribunbatam.id/Rachta Yahya
Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko tengah mewawancari seorang calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di kampus Universitas Karimun, Kamis (17/1/2019). 

TRIBUNBATAM. id, KARIMUN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun mulai melakukan seleksi calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019, Kamis (17/1/2019).

Seleksi seleksi calon Relawan Demokrasi dilakukan dalam bentuk wawancara. Untuk 4 kecamatan, tes wawancara dilangsungkan di kampus Universitas Karimun, jalan Canggai Puteri, Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing.

Berdasarkan data KPU, jumlah pelamar calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 terlihat membludak. Total ada sekitar 63 pelamar yang mendaftar.

Sementara KPU hanya butuh sekitar 55 orang untuk penugasan se Kabupaten Karimun.

"Saking banyaknya, ada sebagian pelamar di Kundur terpaksa dilempar ke sini oleh kawan-kawan komisioner karena saking banyaknya di sana. Mau tak mau, nanti terpaksa ada yang tersisih," ujar Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko disela-sela tes wawancara di kampus UK, Kamis siang.

Eko menyebut pelamar akan dikelompokkan berdasarkan 11 segmen yang diinginkan pihaknya. Kesebelas segmen itu antara lain keagamaan, kelompok perempuan, pemilih pemula, pemilih muda, keluarga, penyandang disabilitas, warga internet, kaum marjinal, komunitas, kelompok berkebutuhan khusus dan tidak memilih segmen. 

Sembilan Personil Polres Karimun Terima Penghargaan Setelah Mengungkap Kasus Pencurian

Sosialisasi Pemilu dari Atas Kapal, KPU Karimun Kenalkan Bentuk Surat Suara ke Nelayan

KPU Karimun Lantik 24 Anggota Tambahan PPK. Eko Optimis Pemilu 2019 Berlangsung Aman

 

Pertanyaan yang diajukan kepada pelamar adalah seputar Pemilu 2019 seperti cara mencoblos, jadwal dan lokasi Pemilu 2019 dan lainnya.

Para pelamar dipanggil masuk satu per satu ke dalam ruangan yang telah disediakan KPU Kabupaten Karimun. Di sana, telah menunggu seorang Komisioner KPU dengan biodata pelamar di tangan mereka.

Para pelamar berasal dari berbagai disiplin ilmu mulai dari anak-anak muda, bahkan tiga orang diantaranya ibu-ibu guru honor. Mereka mengikuti tes wawancara calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 bahkan masih dalam balutan seragam Pramuka.

Saat ditemui usai tes wawancara, ketiga ibu guru tersebut ternyata berasal dari satu sekolah dasar di Kecamatan Meral. Mereka mengaku senang dan tertarik untuk menjadi Relawan Demokrasi Pemilu 2019.

Halaman
12
Penulis: Rachta Yahya
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved