BATAM TERKINI

Perumahan Warga Minim Hydrant, Ini Kata Dinas Pemadam Kebakaran Batam

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam mencatat ada sebanyak 273 kejadian penanganan kebakaran sepanjang tahun 2018 di Kota Batam.

Perumahan Warga Minim Hydrant, Ini Kata Dinas Pemadam Kebakaran Batam
FREEPIK.COM/ D3images
Ilustrasi hydrant. Saat ini jumlah hydrant di pemukiman di Batam sangat terbatas sehingga menjadi kendala pemadaman kebakaran. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam mencatat ada sebanyak 273 kejadian penanganan kebakaran sepanjang tahun 2018 di Kota Batam.

Angka 273 kebakaran yang ditangani pihak Damkar ini meningkat dibanding tahun 2017 yang tercatat hanya 134 kejadian kebakaran di Kota Batam.

"Sepanjang tahun 2018 kasus kejadian kebakaran yang kita tangani mencapai 273 kejadian dan sangat meningkat dari tahun sebelumnya," kata Kepala Bidang Pemadam dan Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Kharizi Kasuma, Selasa (22/1/2019).

Dari kasus tersebut dipicu sejumlah hal mulai cuaca panas, arus pendek dan perilaku masyarakat yang membakar hutan yang biasa ditemukan membuka lahan baru untuk pertanian.

Sedangkan dari 273 kejadian kebakaran yang ditangani yakni pada bangunan umum 12 kejadian, bangunan perumahan 39 kejadian, kendaraan bermotor 5 kejadian, kapal 3 kejadian, hutan atau semak 177 kejadian sedangkan dampak kebakaran lainya ada 37 kejadian.

"Beberapa hal ini yang memang sering ditemukan penyebab kebakaran yang kita tangani selama ini, dan dari jumlah 273 kejadian kebakaran yang ditangani paling banyak adalah kebakaran hutan atau semak," ungkapnya.

Pascakebakaran Unit Sewa Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Suplai Listrik ke Ranai Alami Gangguan

BREAKINGNEWS. Penumpang Sepi, 3 Maskapai Batalkan Penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam

BREAKING NEWS Bocah 11 Tahun di Tanjungpinang Meninggal Dunia Karena DBD, Ini Kata Kadinkes

Tak Ingin Gegabah, Ini Rencana Bea Cukai Untuk Tangani Kasus Penyelundupan 3 Mobil Mewah di Batam

Bea Cukai Batam Pastikan 3 Mobil Mewah Masih Disegel dan Dijaga Aparat Bersenjata Lengkap

Lanjutnya, sementara untuk kendala yang dialami selama proses pemadaman kebakaran di Batam adalah tidak adanya tempat saluran air untuk proses pemadaman (hydrant) di lokasi perumahan atau pemukiman warga.

Sehingga konsekuensinya terpaksa mengambil air di kawasan industri atau post damkar.

"Jadi lumayan memakan waktu dan proses pemadaman juga kurang cepat ditangani," ujarnya.

Selanjutnya permasalahannya adalah lokasi areal jalan di perumahan kecil, dan akhirnya proses pemadaman kurang terjangkau oleh tim damkar.

"Nah kalau yang terakhir permasalahannya adalah perilaku manusia yang kurang empati untuk segera membantu proses pemadaman sebelum petugas damkar datang. Karena warga kadang ada yang berkerumun menonton, Selfi dam merekam video ketimbang memadamkan,hal inilah yang kita sayangkan," ungkapnya.

Dia pun menghimbau masyarakat lebih memperhatikan pemasangan saluran listrik di rumah lebih safety dan mengurangi pembakaran hutan dan jikalaupun membakar sampah diharapkan di perhatikan sebelum api padam.

"Hal ini dianstisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,khususnya kebakaran," jelasnya. (als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved