Meski Tarif Kargo Pesawat Meroket, TIKI Belum Naikkan Tarif Secara Nasional

Meski tarif kargo melonjak tinggi, jasa pengiriman TIKI masih belum menaikkan tarif secara nasional yang artinya tarif TIKI masih pakai harga lama.

Meski Tarif Kargo Pesawat Meroket, TIKI Belum Naikkan Tarif Secara Nasional
KOMPAS.COM
Ilustrasi pengiriman barang lewat TIKI 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Saat ini maskapai ramai-ramai menaikkan tarif surat muatan udara (SMU) yang otomatis mempengaruhi tarif pengiriman kargo melalui udara.

Namun, meski tarif kargo melonjak tinggi, jasa pengiriman TIKI masih belum menaikkan tarif secara nasional yang artinya tarif TIKI masih pakai harga lama atau masih tetap untuk area tertentu.

Sales & Marketing Director TIKI Rocky Nagoya menuturkan bahwa hanya tarif kiriman di kota-kota tertentu saja yang mengalami kenaikan.

"Besaran kenaikannya sekitar 5%-10% dan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2019," jelas Rocky saat dihubungi Kontan.co.id pada Selasa (5/2/2019).

Berbagai upaya dilakukan TIKI untuk semaksimal mungkin menekan besaran kenailan tarif kiriman yang dibebankan kepada pelanggan akibat kenaikan tarif kargo udara.

Upaya tersebut di antaranya, pertama melakukan langkah efisiensi internal.

Hal ini dimungkinkan karena TIKI telah melakukan investasi yang cukup besar dalam pemanfaatan teknologi untuk mengintegrasikan seluruh aspek operasional TIKI.

"Sehingga kami dapat memonitor dan melakukan analisa yang lebih komprehensif untuk meningkatkan performa operasional dan efektivitas kurir dalam melakukan pengiriman," jelas Rocky.

Jasa Pengiriman Terlalu Murah, Garuda Indonesia Naikkan Biaya Kargo 50 Persen

Protes Tarif SMU Kargo Terlalu Mahal, Asperindo Bakal Stop Pengiriman Barang Pakai Pesawat

Tak Terimbas Tarif Bagasi Lion Air, Tarif Kargo Ternyata Sudah Naik Sejak 1 Januari 2019

BREAKING NEWS. Pesawat Kargo Saha Airlines Boeing 707 Mendarat di Pemukiman, Belasan Orang Tewas

FOLLOW JUGA :

Upaya kedua adalah mencari opsi moda transportasi selain udara namun tanpa mengurangi komitmen TIKI untuk menyampaikan pengiriman pelanggan dengan tepat waktu.

Jika hasil evaluasi dua upaya yang dilakukan oleh TIKI masih ditemukan tujuan pengiriman yang tergantung dengan jalur udara, maka TIKI baru akan memberlakukan kenaikan harga untuk tujuan tersebut.

"Bilamana setelah menerapkan langkah langkah di atas dan melakukan evaluasi menyeluruh, masih diketemukan tujuan pengiriman yang tergantung dengan pengiriman via udara, maka akan diberlakukan kenaikan harga untuk tujuan tersebut," sambung Rocky.

Sebuah Mobil Sedan Hangus Terbakar di Depan Perumahan Taman Raya Batam, Tidak Ada Korban Jiwa

Viral, Disunat Secara Ghoib, Bocah Polos Ini Ceritakan Sosok Orang yang Sunat Dia

Heboh, Ditembak Saat Naik Motor, Pria Ini Tewas Setelah 7 Peluru Bersarang di Perutnya

Ada-ada Saja, Pria Ini Ingin Gugat Orangtuanya Karena Tidak Minta Izin Melahirkan Dirinya

Sementara itu J&T Express melalui Public Relationnya Elena menuturkan bahwa pihaknya tidak menyediakan kompensasi lantaran penyesuaian harga sudah dilakukan dengan berbagai pertimbangan penyesuaian.

Namun meski demikian dijelaskan J&T tetap memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan.

"Terkait hal ini tidak ada kompensasi apapun karena penyesuaian harga tersebut dilakukan dengan berbagai pertimbangan penyesuaian dan tentunya kami tetap akan memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan," terang Elena dihubungi di waktu yang sama.  (kontan)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved