Barang Di Dalam Rumah ini Ternyata Bisa Menurunkan Kesuburan Pria, Apa Saja?

Baru baru ini sebuah penelitian mengungkapkan jika beberapa bahan dan makanan dalam rumah tangga nyatanya bisa mempengaruhi kesuburan pria.

Barang Di Dalam Rumah ini Ternyata Bisa Menurunkan Kesuburan Pria, Apa Saja?
Tribun Batam/ Istimewa
Ilustrasi Kesuburan

TRIBUNBATAM.id- Kesuburan pria dipengaruhi oleh banyak hal. Baru baru ini sebuah penelitian mengungkapkan jika beberapa bahan dan makanan dalam rumah tangga nyatanya bisa mempengaruhi kesuburan pria.

Penelitian baru tersebut menyebutkan bahwa dua bahan kimia hadir dalam karpet, lantai, pakaian dan mainan, dan lainnya yang ditemukan dalam polutan organik.

Dan ini memiliki efek buruk pada sperma pria, bahkan anjing, demikian dilaporkan Science Alert seperti dilansir dari medical daily.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, menunjukkan bahwa masalah kesuburan terjadi di lingkungan bersama anjing dan manusia.

“Penelitian baru ini mendukung teori kami bahwa anjing domestik memang merupakan ‘penjaga’ atau cermin bagi penurunan reproduksi pria pada manusia,” kata Richard Lea, salah satu peneliti dan ahli biologi reproduksi di University of Nottingham.

Temuan ini berasal dari analisis sampel sperma dari 11 pria dan sembilan anjing dari wilayah yang sama.

Seungri Klaim Dirinya Dijebak, Pengacara Sebut CEO A Punya Hutang 2 Miliar Won Terhadap Kliennya

Unggah Video Kemanusiaan Ini Di Instagram, Tamara Bleszynski Mengaku Tidak Mewakili Parpol Manapun

Yuk Intip 3 Menu Sarapan Sehat Yang Cocok Buat Diet, Dijamin Kenyang Lebih Lama

Fans BTS, ARMY, Menangkan Fan Army Terbaik di iHeart Radio Music Awards, Kalahkan Fandom Artis Ini

Para peneliti menguji sampel untuk efek dari dua bahan kimia buatan manusia, yang dikenal sebagai DEHP dan polhenlorinated biphenyl 153.

Sperma dari manusia dan anjing juga menunjukkan penurunan motilitas dan peningkatan fragmentasi DNA di hadapan dua bahan kimia tersebut.

"Kita tahu bahwa ketika motilitas sperma manusia buruk, fragmentasi DNA meningkat dan bahwa infertilitas pada pria terkait dengan peningkatan level kerusakan DNA pada sperma," kata ketua penulis studi Rebecca Sumner, ahli biologi perkembangan di University of Nottingham.

Penelitian sebelumnya lainnya menunjukkan bahwa ada penurunan 50 persen dalam kualitas sperma di seluruh dunia dalam 80 tahun terakhir.

Namun, sulit bagi para ahli untuk menentukan penyebab sebenarnya dari masalah global karena tantangan yang dihadapi percobaan mereka.

Tetapi tim dalam studi terbaru mengatakan anjing benar-benar bisa membantu mencari tahu bagaimana polusi menurunkan kesuburan.

Download Lagu MP3 Jikalau Kau Cinta dari Judika, Soundtrack Sinetron Cinta Buta di SCTV

Sinopsis Sinetron Cinta Buta 15 Maret 2019 di SCTV Pukul 18.25 WIB, Nasib Tunangan Aslan dan Rayhan

Jaksa Dapat Ancaman Mau Ditembak, Kajati Kepri: Jangan Sentuh Jaksa Saya

Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Klas IIA Narkotika Tanjungpinang Gelar Aksi Donor Darah

Mereka mencatat bahwa penelitian anjing tentang kesuburan diketahui memiliki stigma dan komplikasi sosial yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan penelitian pada manusia.

"Kami sekarang percaya ini sama pada anjing peliharaan karena mereka hidup di lingkungan domestik yang sama dan terpapar kontaminan rumah tangga yang sama," kata Sumner. (*)

Editor: Anne Maria
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved