ANAMBAS TERKINI

Pemprov Kepri Bawa Langsung Investor ke Anambas, Rencana Akan Beli Ikan Basah

"‎Ada bawa investor juga asal Vietnam. Mereka berniat mau mengambil ikan basah yang ada di sini," ujar Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Ka

Pemprov Kepri Bawa Langsung Investor ke Anambas, Rencana Akan Beli Ikan Basah
TRIBUNBATAM.id/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Pememrintah Provinsi Kepri membawa langsung invevstor ke Anambas. Rencananya akan beli langsung ikan basah di Anambas 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kedatangan Gubernur Kepri ke Anambas tidak hanya datang untuk membuka STQH ke VI tingkat Kabupaten Anambas.

Terdapat investor asal Vietnam yang diketahui dibawa oleh perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kepri untuk melihat secara langsung potensi hasil kelautan dan perikanan di Anambas. ‎

Siapa sangka salah satu negara di Asia Tenggara yang warga negaranya mendominasi saat ada kapal tangkapan karena melakukan pencurian ikan asing, tertarik untuk melakukan penjajakan untuk menanamkan modalnya di Anambas ini.

"‎Ada bawa investor juga asal Vietnam. Mereka berniat mau mengambil ikan basah yang ada di sini," ujar Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhaeri Jumat (15/3/2019).

Ia menjelaskan, kalau rombongan investor yang didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri itu juga melihat secara langsung fasilitas apa saja yang ada di Anambas.

KPK OTT Ketum PPP Romahurmuziy, Dugaan Suap Penempatan Pejabat di Kemenag

Pelipatan Surat Suara Selesai Dilakukan, KPU Karimun Pastikan Awal April Didistribusikan ke PPK

Jangan Abaikan, Ini Tandanya Keputihan Yang Tidak Sehat & Perlu Diperiksakan Ke Dokter!

Jaksa di Bintan Diancam Ditembak, Pelaku Dua Hari Intai Jaksa Dicky di Sidang di Pengadialan

Mereka pun kemudian melihat fasilitas cold storage di Pelabuhan Perikanan Antang Desa Tarempa Timur Kecamatan Siantan dengan kapasitas 100 ton dengan luas ruang processing mencapai 120 M2.

"Melihat ke Pelabuhan di Antang sekitar pukul 6 tadi. Responnya bagus. Mereka sedang meng‎kalkulasikan harga terlebih dahulu," ungkapnya.

Dari penyampaian calon investor itu yang didampingi penerjemah diketahui, kalau dalam proses pengambilan ikan dari Anambas, mereka akan melibatkan orang dari koperasi nelayan lokal yang ada di Anambas.

Tidak hanya membawa ikan dari Anambas. Kapal angkut mereka pun, rencananya akan membawa beras dari negara mereka ke Anambas.

Hal ini yang diharapkan Gubernur Kepri agar daerah di Anambas ‎menjadi salahsatu daerah lumbung beras.

"Rencananya seperti itu. Dari sana bawa beras ke sini," bebernya.

Effi pun menyadari kalau rencana mereka membawa beras menjadi dilematis, terlebih dengan potensi di Jemaja Timur yang terkenal akan sektor pertaniannya.

Kedepan menurutnya akan ‎diatur regulasi yang pas, agar tercipta situasi yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Pihaknya juga berharap agar rencana investor untuk menanamkan modalnya di Anambas pada bidang hasil kelautan dapat terwujud.

"Kalau rencana dari investor ini memang benar tewujud, maka memang perlu diatur regulasinya. Sehingga, tidak ada yang merasa dirugikan," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved