PEMILU 2019

Pelipatan Surat Suara Selesai Dilakukan, KPU Karimun Pastikan Awal April Didistribusikan ke PPK

"Namun berapa jumlah pastinya, KPU Kabupaten Karimun masih melakukan penghitungan. Nanti kalau sudah selesai rekap, saya kabari, kebetulan KPU Provins

Pelipatan Surat Suara Selesai Dilakukan, KPU Karimun Pastikan Awal April Didistribusikan ke PPK
TRIBUNBATAM/Yahya
KPU Kabupaten Karimun memulai proses pelipatan surat suara Pemilu 2019, Kamis (7/3) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Proses pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019 sudah selesai digelar KPU Kabupaten Karimun pada Kamis (14/3/2019) kemarin.

Bahkan proses ini terbilang cepat, satu bulan lebih dari hari pencoblosan pada 17 April 2019.

"Pelipatan surat suara sudah selesai, kemarin," kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko kepada Tribunbatam.id, Jumat (14/3/2019).

Perihal surat suara cacat, Eko mengaku belum mengetahui karena masih dalam tahap penghitungan oleh stafnya.

Meski demikian, Eko menggambarkan secara umum, surat suara cacat hampir ditemukan pada semua jenis pemilihan, mulai dari DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Pilpres.

Ketua DPRD Karimun Turut Prihatin, Warga Sulit Dapatkan Minyak Tanah

KPU Karimun Temukan 125 Lembar Surat Suara DPR Cacat, Suara Edyson dan Indri Milik Partai

Pelipatan Surat Suara di KPU Karimun, Tiap Surat Suara Rp 100

Tidak Lagi Berpatokan BBP, KPU Karimun: Penghitungan Suara Pakai Sistem Liga

"Namun berapa jumlah pastinya, KPU Kabupaten Karimun masih melakukan penghitungan. Nanti kalau sudah selesai rekap, saya kabari, kebetulan KPU Provinsi juga sudah minta. Pasti ada yang rusak, hampir semua kayaknya ada temuan," ujar Eko.

Eko belum tahu mau diapakan surat suara yang cacat tersebut. Pihaknya belum ada menerima arahan dari KPU Provinsi Kepri.

Hanya saja jika mengacu pada Pemilu-pemilu sebelumnya, surat suara rusak atau cacat, dimusnahkan dengan disaksikan Bawaslu, perwakilan parpol dan caleg serta aparat keamanan seperti kepolisian.

"Proses pemusnahan biasanya sebelum pencoblosan, itu kalau mengacu pada pemilu sebelumnya ya, pastinya kami belum ada menerima arahan dari KPU Provinsi," kata Eko.

Sementara untuk pendistribusian surat suara ke TPS, Eko mengatakan, rencananya dilakukan pada awal April 2019. Tahap awal akan didistribusikan ke pulau-pulau seperti Kundur, Buru, Moro, Durai, Belat dan Ungar.

Surat suara itu nantinya akan disimpan terlebih dahulu dalam gudang Panitia Pemungutan Kecamatan atau PPK di bawah pengawalan aparat keamanan dalam hal ini kepolisian.(yah)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved