TANJUNGPINANG TERKINI

Rustam Kagum atas Inovasi Dilakukan, Puskesmas Tanjungpinang Kembangkan Pengobatan Tradisional

"Kegiatan Mama Muda lebih menitikberatkan pencegahan penyakit melalui asuhan mandiri akupresur di rumah dan mencoba mensosialisasikan minuman tradisio

Rustam Kagum atas Inovasi Dilakukan, Puskesmas Tanjungpinang Kembangkan Pengobatan Tradisional
TRIBUNBATAM.id/THOM LIMAHEKIN
Inovasi program pengobatan tradisional dan komplementer Puskesmas Tanjungpinang mendapat apresiasi Direktur Kesehatan Kemenkes RI dr Ina Rosalinda, Sp.A saat berkunjung pada Rabu (20/3/2019) pagi. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Inovasi program pengobatan tradisional dan komplementer Puskesmas Tanjungpinang mendapat apresiasi Direktur Kesehatan Kemenkes RI dr Ina Rosalinda, Sp.A saat berkunjung pada Rabu (20/3/2019) pagi.

Rosalinda yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Kepri dr Sulastri dan Kadiskes Dalduk KB Kota Tanjungpinang Rustam, kagum akan sejumlah inovasi yang telah dilakukan oleh Puskesmas Tanjungpinang dalam pelayanan kesehatan tradisional.

"Bu Direktur mengapresiasi antara lain program inivasi tersebut ada REhat AJa, yang merupakan kepanjangan dari Rabu Sehat dengan Akupresur dan Jamu," kata Rustam kepada awak media, Rabu (20/3/2019).

Hasil Visum Keluar, Polisi Ungkap Penyebab Kematian Gamaliel, Mayat Ditemukan di Lotus Garden Batam

MOTOGP 2019 - Honda Kalah di GP Qatar, Marc Marquez Terobsesi dengan Kecepatan Ducati

Paket Data Susah Diakses, Ini Cara Warga Jemaja Timur Anambas Gunakan Internet

HP Xiaomi Terbaru Redmi Note 7 Meluncur Kamis (21/3/2019) Pukul 14.00, Harga Mulai Rp 2,1 Jutaan

Menurut Rustma, kegiatan tersebut meliputi Gernas Bude Jamu (Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu), Toga Patmala (Toga Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga) merupakan Toga Puskesmas Tanjungpinang yang terletak di lantai 2 dan Akupresur.

Inovasi lainnya dalam program kesehatan trdisional dari Puskesmas Tanjungpinang yaitu Mama Muda (Manajemen Terpadu Balita Sakit terintegrasi dengan asuhan, akupresure dan peningkatan gizi).

"Kegiatan Mama Muda lebih menitikberatkan pencegahan penyakit melalui asuhan mandiri akupresur di rumah dan mencoba mensosialisasikan minuman tradisional kepada anak dalam bentuk jamu dan puding sebagai bentuk upaya kembali ke alam sesuai kearifan lokal," jelas Rustam.

Acara tersebut dihadiri sejumlah kader dari kelompok asuhan mandiri pengobatan tradisional yang sudah mengembangkan berbagai tanaman obat, jamu, jus, kripik dan puding yang berbahan baku tanaman obat, yaitu kelompok Asuhan Mandiri Sirih Merah Kelurahan Kampung Baru. (tom)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved