PEMILU 2019

Tak Terdaftar DPT Pemilu 2019, Warga Bisa Bawa e-KTP ke TPS Untuk Dapatkan Hak Pilih

Bagi warga yang memiliki hak pilih tak masuk DPT atau DPK masih memiliki kesempatan ikut Pemilu April 2019 mendatang. Cukup bawa e-KTP

Tak Terdaftar DPT Pemilu 2019, Warga Bisa Bawa e-KTP ke TPS Untuk Dapatkan Hak Pilih
wahyu indri yatno
dpt pemilu 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Penerimaan berkas bagi warga yang belum terdaftar dalam Data Pemilih Tetap (DPT), yang akan dimasukkan ke Daftar Pemilih Khusus (DPK), sudah ditutup Minggu (17/3/2019).

Namun bagi warga pemilik e-KTP, masih memiliki kesempatan untuk ikut dalam pesta Demokrasi (17/4/2019) yang akan datang.

Muliadi Efendy anggota Komisioner KPU Batam, Devisi Hukum, Rabu (20/3/2019) menjelaskan saat ini untuk pendaftaran pemilih sudah ditutup dan KPU akan segera melakukan rapat Pleno jumlah Pemilih di kota Batam.

Untuk warga Batam yang tidak terdaftar baik dalam DPT dan jiga DPK, pada hari H pencoblosan masih tetap bisa menyalurkan hak pilihnya dengan syarat.

"Warga Batam yang memiliki e-KTP tetap bisa ikut memilih, tetapi harus di tempat domisili sesuai dengan yang tertera di alamat e-KTP yang bersangkutan," kata Muliadi.

Dia menjelaskan persoalannya saat ini di Kota Batam, banyak warga yang tinggal bukan sesuai dengan alamat yang tertera di e-KTP.

"Contoh alamat sesuai e-KTP berada di Bengkong, namun yang bersangkutan tinggal di daerah Batuaji. Hal ini banyak ditemui untuk anak muda, tapi ada juga orangtua,"kata Muliadi.

2.957 Pengawas TPS Pemilu Siap Dilantik Bawaslu Batam, Cek Jadwalnya Disini

CATAT! Habis Pemilu, 4 Perusahaan Di Muka Kuning Butuh Ribuan Tenaga Kerja Baru

Belum Kenal Caleg Pilihan? Begini Cara Lihat Profil Calon Legislatif Pemilu 2019

Dia mengatakan untuk warga yang tinggal di tempat lain tidak sesuai dengan alamat e KTP dan belum terdaftar baik di DPT maupun DPK, warga tersebut tetap bisa ikut dalam pesta demokrasi, dengan catatan warga tersebut mendatangi TPS sesuai dengan alamat yang tertera di e- KTP.

"Untuk warga yang hanya menggunakan e-KTP, petugas pemungutan suara memberikan kesempatan mulai dari pukul 12.00 Wib sampai 13.00 WIB," kata Muliadi. (tribunbatam.id/ian sitanggang)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved