Pelatihan Manajemen Puskesmas di Kepri untuk Hasilkan Kinerja Berkualitas

Puskesmas sebagai salah satu fasilitas layanan kesehatan tingkat pertama, harus dapat memberikan jaminan

Pelatihan Manajemen Puskesmas di Kepri untuk Hasilkan Kinerja Berkualitas
IST
Pelatihan manajemen Puskesmas di Kepri 

TRIBUNBATAM.id - Puskesmas sebagai salah satu fasilitas layanan kesehatan tingkat pertama, harus dapat memberikan jaminan terhadap penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna, adil, merata, berkualitas dan memuaskan masyarakat.

Untuk dapat menghasilkan kinerja yang berkualitas dan memuaskan masyarakat, maka seluruh sumberdaya yang ada sebagai input dalam pelayanan harus dikelola secara baik menggunakan prinsip manajemen.

Kepala Puskesmas sebagai seorang manajer operasional agar dapat mengelola secara benar, harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan sumberdaya sebagai tumpuan dalam kegiatan pelayanan.

Melalui pelatihan ini peserta mempunyai kompetensi untuk mengaplikasikan prinsip manajemen Puskesmas dan kepemimpinan secara efktif di Puskesmas.

Pelatihan yang dikuti oleh Kepala Puskesmas dan Kepala Tata Usaha ini merupakan manajer Puskesmas yang mempunyai peran mengelola Puskesmas dan memimpin Puskesmas agar Puskesmas dapat berjalan sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Pelatihan manajemen Puskesmas terdiri dari 2 (dua) angkatan dimana angkatan 1 (satu) terdiri dari 23 orang dan angkatan 2 (dua) terdiri dari 21 orang. Pelaksanaan orientasi lapangan dilaksanakan di 6 (enam) Puskesmas, yaitu : Puskesmas Sekupang, Puskesmas Batu Aji, Puskesmas Tiban Baru, Puskesmas Botania, Puskesmas Lubuk Baja, dan Puskesmas Sungai Panas. Pelatihan Manajemen Puskesmas dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 22 Maret 2019 di Bapelkes Batam.

Tujuan Umum Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu memahami program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga serta mampu melakukan manajemen dan pelayanan kesehatan dengan pendekatan Keluarga di Puskesmas. Selain itu Tujuan Khusus setelah mengikuti pelatihan, diharapkan peserta mampu :

1. Menjelaskan konsep kebijakan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga,

2. Menjelaskan Penguatan Puskesmas melalui Pendekatan Keluarga yang Holistik,

3. Melakukan Kepemimpinan,

4. Melakukan manajemen data di Puskesmas dan Keluarga Sehat,

5. Melakukan manajemen umum puskesmas,

6. Melakukan manajemen upaya kesejhatan masyararakat,

7. Menjelaskan manajemen mutu.

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved