Dinkes Kepri Gelar Workshop Dan Edukasi Pengendalian Penyakit Jantung Koroner

Dinas Kesehatan Kepri menggelar kegiatan Workshop dan Edukasi Pengendalian Penyakit Jantung Koroner

Dinkes Kepri Gelar Workshop Dan Edukasi Pengendalian Penyakit Jantung Koroner
ist
Pengelola Workshop Dan Edukasi Pengendalian Penyakit Jantung Koroner Dinas Kesehatan Kab/Kota Provinsi Kepulauan Riau 

TRIBUNBATAM.id - Dalam pencegahan dan pengendalian penyakit jantung koroner, Dinas Kesehatan Kepri menggelar kegiatan Workshop dan Edukasi Pengendalian Penyakit Jantung Koroner yang dilaksanakan di Hotel Sahid Batam Center, Kota Batam.

Pengendalian penyakit jantung koroner berfokus dalam upaya promotif dan preventif dengan tidak meninggalkan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Penyakit jantung koroner dapat dicegah dengan pengendalian penyakit beresiko seperti penggunaan tembakau, diet yang tidak sehat, obesitas, kurang aktivitas fisik dan penggunaan alkohol.

Penyakit jantung koroner (PJK) terjadi ketika kondisi pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak.

Jika lemak semakin menumpuk, maka arteri akan makin menyempit dan membuat aliran darah ke jantung berkurang.

Jantung merupakan organ utama penyokong hidup manusia. Bila jantung terganggu, maka kelangsungan hidup manusia pun juga akan terpengaruh.

Untuk itu, serangan jantung ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Hampir semua kematian mendadak disebabkan oleh serangan jantung yang tidak disadari penderita, bahkan gejala yang dialami sebelumnya pun terabaikan.

Ada beberapa jenis penyakit jantung, namun yang paling dominan adalah penyakit jantung koroner. Koroner sendiri merupakan pembuluh darah utama yang mengalirkan darah ke jantung. Pembuluh koroner ini sering mendapatkan gangguan dan bisa mengalami kerusakan.

Gangguan yang paling umum terjadi adalah akibat penumpukan kolerterol pada pembuluh darah, sehingga terjadi proses peradangan yang menyumbat aliran darah, dan fungsi jantung menjadi terganggu.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved