Penyusunan Rencana Operasional Lintas Sektor Terkait Germas di Kabupaten Karimun

Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan melaksanakan tanggung jawab pemerintah tersebut, Pemerintah Kabupaten Karimun

Penyusunan Rencana Operasional Lintas Sektor Terkait Germas di Kabupaten Karimun
ist
Peserta dalam kegiatan Penyusunan Rencana Operasional Dengan Lintas Sektor Terkait Germas Di Kabupaten Karimun Tahun 2019 berjumlah 23 orang. 

Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan melaksanakan tanggung jawab pemerintah tersebut, Pemerintah Kabupaten Karimun perlu mengkaji dan membahas hal-hal yang menjadi urusan kesehatan.

Kebijakan pembangunan kesehatan saat ini mengalami pergeseran paradigma dari pendekatan kebutuhan (need based) ke arah pendekatan berlandaskan hak (rights based). Kesehatan adalah hak asasi manusia, maka negara berkewajiban untuk memenuhi bagi setiap warga negara.

Tantangan kesehatan saat ini, Kepulauan Riau menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi/menular, misalnya TBC.

Perlunya penanganan TBC yang lebih serius untuk menjangkau kasus yang belum terdeteksi, termasuk pelacakan kasus gizi, Pemberdayaan masyarakat melalui kader dalam Penanggulangan TBC, perluasan penemuan kasus pada kelompok berisiko serta pengobatan sampai sembuh dan tuntas.

Di sisi lain, penyakit tidak menular (PTM) menunjukkan peningkatan sehingga akan menimbulkan permasalahan kesehatan baru bagi masyarakat Indonesia.

Kita tahu Penyakit Tidak Menular merupakan penyakit yang sering tidak bergejala dan tidak memiliki tanda klinis secara khusus.

Hal ini menyebabkan setiap individu tidak mengetahui dan menyadari kondisi tersebut sejak awal, sehingga menimbulkan keterlambatan penanganan dan menimbulkan komplikasi penyakit, bahkan berakibat kepada kematian.

Dampak meningkatnya kejadian Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular adalah

* peningkatan pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah; menurunnya produktifitas masyarakat;

* menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

Halaman
12
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved