Pelaksanaan Operasi Seligi 2019 di Anambas, Ini Yang Dilakukan Pihak Kepolisian

Sedikitnya 118 blanko teguran diberikan kepada pengendara bermotor yang terbukti melanggar peraturan dalam berlalulintas pada Operasi Keselamatan Seli

Pelaksanaan Operasi Seligi 2019 di Anambas, Ini Yang Dilakukan Pihak Kepolisian
Tribun/istimewa.
Pemberian blanko teguran kepada pengendara motor yang terjaring operasi keselamatan seligi 2019 di depan Mapolsek Siantan. Sedikitnya 118 blanko teguran telah diberikan kepada pengendara motor yang melanggar peraturan dalam berlalu lintas. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Sedikitnya 118 blanko teguran diberikan kepada pengendara bermotor yang terbukti melanggar peraturan dalam berlalulintas pada Operasi Keselamatan Seligi 2019.

Dari data yang diperoleh dari Satlantas Polres Anambas di lima lokasi berbeda di Pulau Siantan sejak tanggal 29 April 2019, pemberian blanko teguran paling banyak ‎diberikan saat mereka melakukan operasi di jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan dengan jumlah 31 lembar blanko teguran.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, berboncengan lebih dari satu orang, hingga penggunaan knalpot sepeda motor yang tidak sesuai standar.

Jadwal Buka Puasa 2 Ramadhan, Selasa (7/5), Batam 18.08 WIB, Pinang 18:07 WIB, Karimun 18:11 WIB

Jadwal Buka Puasa Hari Ke 2 Ramadhan 2019, untuk Daerah Batam dan Sekitarnya, Batam pukul 18.08 WIB

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Tagar #PecatBudiKarya Trending di Twitter

"Dari kegiatan operasi yang masih terus berjalan, kami masih temukan hal-hal itu. Terutama pengendara yang tidak menggunakan helm SNI," ujar Kapolres Anambas melalui Kasat Lantas Iptu Boston Butar Butar Selasa (7/5/2019).

Ia menambahkan, pemberian blanko teguran merupakan langkah represif yang diberikan kepada pengendara bermotor selama pelaksanaan Operasi Ke‎selamatan Seligi 2019 yang dimulai sejak tanggal 29 April hingga 12 Mei 2019.

Beberapa titik keramaian yang biasa dilalui pengendara motor semisal di depan Pos Lantas 901 yang ada di Jalan Selayang Pandang, Jalan Imam Bonjol, Jalan A.Yani di samping Masjid Jami' Baiturrahim, hingga jalan simpang empat menuju Pasir Peti, menjadi perhatian pihaknya selama kegiatan ini berlangsung.

"Tidak hanya pemberian blanko teguran. Kami juga melakukan kegiatan preemtif berupa pendidikan masyarakat dalam berlalulintas kepada pengendara, dengan harapan dapat berhati-hati di kemudian hari. Termasuk, masyarakat yang berboncengan tiga menggunakan sepeda motor," ungkapnya.

Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan operasi keselamatan Seligi 2019 yang dimulai sejak tanggal 29 April hingga 12 Mei 2019.

Beberapa diantaranya meliputi penggunaan telepon genggam saat mengemudi, tidak menggunakan safety belt untuk kendaraan roda empat atau lebih, melawan arus lalu lintas, serta mengendarai kendaraan bermotor di bawah pengaruh minuman beralkohol atau narkoba.

Serta mengemudikan kendaraan di bawah umur, serta melebihi batas kecepatan maksimal. (tyn)‎

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved