BATAM TERKINI

Ingin Kirim Jenazah dari Batam? Ini Prosedurnya Menurut Pengurus PKDP Batam

Bagi yang ingin mengirim jenazah dari Batam ke sejumlah wilayah lain, simak tips prosedurnya menurut pengurus PKDP Batam.

Ingin Kirim Jenazah dari Batam? Ini Prosedurnya Menurut Pengurus PKDP Batam
TRIBUNBATAM.id/ENDRA KAPUTRA
Suasana layanan Kargo di Bandara Hang Nadim Batam 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Viralnya berita terkait keterlambatan pengiriman jenazah sempat membuat netizen di Kota Batam heboh, Rabu (15/5/2019).

Tak terkecuali salah satu pengurus Persatuan Keluarga Daerah Parimanan (PKDP) Kota Batam, Sawir.

Ketika dimintai keterangannya, Kamis (16/5/2019), Sawir yang merupakan Sekretaris Umum PKDP Kota Batam tersebut turut prihatin atas kejadian yang berlangsung.

Selain itu, Sawir juga menuturkan bahwa ada prosedur yang harus diperhatikan dalam proses pengiriman jenazah.

"Tentunya ada syarat administratif yang harus diperhatikan. Sebagai contoh, surat kematian dan surat keterangan pemberian formalin dari rumah sakit," jelasnya.

Tak hanya itu, Sawir juga menambahkan bahwa selama ini pihaknya juga harus mengurus surat karantina yang didapat dari Badan Karantina Kota Batam.

"Setelah dapat dua surat tadi, lalu kami mengurus surat karantina. Nanti dari Badan Karantina akan memberikan surat tembusan yang ditujukan ke Polresta Barelang," paparnya.

Menurutnya, dari Polresta Barelang nantinya akan didapat surat yang akan ditujukan kepada Polsek Bandara Hang Nadim Batam, BUBU Hang Nadim Batam, Kargo serta Bandara dan pihak kepolisian daerah tujuan.

Single Parent 3 Anak, Ini 7 Fakta Wanita Perekam & Penyebar Video Ancaman Penggal Kepala Jokowi

Bayi Hidup Sebelum Ibu Pingsan 8 Jam, Ini 8 Fakta Wanita Lahirkan Bayi Kembar di Kamar Kos di Batam

Penggal Kepala hingga Tembak Satu Keluarga, Ini 5 Ancaman yang Pernah Diterima Presiden Jokowi

AWAS! Banyak Tiang Jembatan Penyeberangan Orang di Tiban Keropos, Hati-hati Jika Lewat!

"Tapi ingat, jenazah yang meninggal karena sakit dan kecelakaan itu berbeda. Kalau yang karena kecelakaan, harus ada lampiran surat laka dari Satlantas Polresta Barelang," tegasnya.

Dari penuturannya, diketahui bahwa sejauh ini PKDP Kota Batam mengurus secara manual seluruh keperluan untuk pengiriman jenazah.

"Pastinya kota tujuan adalah Padang. Kami urus manual karena ini juga terkait sosial kemasyarakatan paguyuban kami," terangnya.

Informasi yang TRIBUNBATAM.ID dapatkan darinya, jika pengurusan dilimpahkan kepada pihak rumah sakit, maka akan dikenakan biaya lebih kurang Rp 8-9 juta.

"Itu tinggal terima beres. Dan disitu sudah include tiket pendamping (escorter) jenazah," ungkapnya. (tribunbatam.id/dipanusantara)

Penulis: Dipa Nusantara
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved