Bagaimana Menganti Nomor NIK KTP yang Tidak Sama Dengan KK?

Jika terjadi perbedaan, Anda bisa mendatangi kelurahan atau kecamatan untuk melakukan perubahan biodata

Bagaimana Menganti Nomor NIK KTP yang Tidak Sama Dengan KK?
Tribunnews Batam/ Zabur
Petugas Disdukcapil Kota Batam sedang mendata berkas yang masuk untuk kemudian akan dilegalisir sebagai salah satu melamar menjadi CPNS, Kamis (18/11/2010).

Pertanyaan:

NIK Kartu Keluarga Berbeda

Selamat malam Tribun Batam, mengapa NIK di Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga tidak sama? Apakah perlu disamakan nomornya? Terima kasih.
Pengirim: +6281371538xxx

Jawaban:

Harus Dilakukan Perubahan Data

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Nomor Induk Kependudukan atau NIK merupakan nomor identitas penduduk yang bersifat unik, khas, dan tunggal. Nomor ini melekat kepada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. NIK berlaku seumur hidup yang diberikan pemerintah dan diterbitkan oleh instansi pelaksana kepada setiap penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK terdiri dari enam belas digit nomor kodefikasi.

Kode penyusun NIK terdiri dari dua digit awal merupakan kode provinsi, dua digit setelahnya merupakan kode kota atau kabupaten, dua digit sesudahnya kode kecamatan, enam digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format. Digit angka akan disesuaikan dengan tanggal dan data kelahiran pemilik sesuai dengan akta kelahirannya. Sementara empat digit terakhir merupakan kodefikasi yang dikeluarkan oleh sistem.

Jika terjadi perbedaan, Anda bisa mendatangi kelurahan atau kecamatan untuk melakukan perubahan biodata, yakni Kartu keluarga (KK) dan fotokopinya dan dilengkapi surat pengantar RT/RW, mengisi formulir permohonan e-KTP, Kartu Tanda Penduduk (KTP) lama, dan surat keterangan atau bukti perubahan kependudukan dan peristiwa penting lainnya apabila ada. Demikian penjelasannya dan semoga bermanfaat.

Umiyati, SE
Camat Bengkong Batam

Tags
e-KTP
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved