Ini Jawaban Bapedalda Kota Batam atas Praperadilan yang Diajukan Tiga Tersangka Perusak Lingkungan

Bapedalda Kota Batam menyampaikan jawaban atas permohonan pra peradilan yang diajukan tiga tersangka kasus perusakan lingkungan selaku pemohon.

Ini Jawaban Bapedalda Kota Batam atas Praperadilan yang Diajukan Tiga Tersangka Perusak Lingkungan
IST
Dendi Purnomo

BATAM.TRIBUNNEWS.COM,BATAM– Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam menyampaikan jawaban atas permohonan pra peradilan yang diajukan tiga tersangka kasus perusakan lingkungan selaku pemohon.

Jawaban tersebut disampaikan dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Rabu (23/12/2015).

Dalam sidang yang dipimpin hakim tunggal Tiwing, Bapelda selaku termohon melalui penasihat hukum (PH) Eggi Sudjana berkeyakinan bahwa kliennya sudah benar dalam serangkaian tindakan penyidik kasus perusakan lingkungan.

Menurut Eggi, kliennya telah memiliki bukti jelas tentang tindak pidana dan menemukan tersangka.

“Dalam pemeriksaan pada tingkat penyidikan dan pengadilan tersangka atau terdakwa berhak memberikan keterangan secara bebas kepada penyidik dan hakim,” ujarnya.

Eggi mengatakan, berdasarkan KUHAP pasal 1 ayat (2) bahwa PPNS (Penyidik Pengawai Negeri Sipil) Bapedal Batam sebagaimana pasal tersebut telah melakukan pemeriksaan dan pemanggilan saksi sebanyak 7 orang.

Selain itu Bapedal juga meminta keterangan ahli sebanyak dua orang yakni ahli kerusakan lingkungan dan ahli pidana lingkungan.

“Sudah sesuai prosedur tindakan Bapedalda, karena telah mengumpulkan barang bukti baik benda ataupun dokumen sebagaiman penetapan PN Batam No 615/pen.pid/2015/PN.BTM,” ujarnya.

Eggi juga menyatakan siap menghadapi persidangan lanjutanya yang akan digelar Senin, (28/12/2015) mendatang.

“Kami siap menghadapi persidangan dengan agenda pembuktian dan kemungkinan sekaligus menghadirkan saksi fakta dan saksi ahli,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved