BATAM TERKINI

Tarif Dasar Listrik Naik 45 Persen Tak Berimbas Signifikan ke Pendapatan Pajak, Ini Kata DPRD Batam

Kenaikan TDL hingga 45 persen dinilai tidak memberikan benefit signifikan terhadap pendapatan Pajak Penerangan Jalan Umum

Tarif Dasar Listrik Naik 45 Persen Tak Berimbas Signifikan ke Pendapatan Pajak, Ini Kata DPRD Batam
TRIBUNBATAM/DOK
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang mencapai 45 persen dinilai tidak memberikan benefit signifikan terhadap pendapatan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU).

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi II DPRD kota Batam, Uba Ingan Sigalingging.

"Pada 2017 lalu pendapatan PPJU senilai Rp 140 miliar ternyata mengalami peningkatan di 2018 menjadi Rp 161 miliar. Namun setelah dicermati kenaikan ini karena adanya kenaikan TDL di Batam yang besarannya mencapai 45 persen," ujar Uba, Jumat (28/9/2018).

Uba melanjutkan setelah dihitung ternyata ada yang terasa janggal.

Baca: Batam Segera Miliki Pusat Layanan Usaha Terpadu, Pengusaha UKM Bakal Didampingi Para Ahli

Baca: Bebas Tarif Parkir 15 Menit, Aturan Drop Off Bakal Berlaku di Batam Mulai 1 Oktober 2018

Baca: AWAS! Berlaku Mulai 1 Oktober, Mobil Kena Derek Tak Diambil Selama 24 Hari Bakal Dilelang

Pasalnya kenaikan tersebut memberi kontribusi Rp 21 miliar setahun, jika dihitung secara sederhana kenaikan tersebut Rp 140 miliar bisa dikalikan 45 persen maka hasilnya Rp 63 miliar.

"Seharusnya Rp 63 miliar. Kalau kita bagi pe rbulan, Rp 21 miliar dibagi 12 maka hasilnya Rp 1,75 miliar per bulannya. Ini artinya ada yang salah dalam penghitungan PPJU," tuturnya.

Seharusnya Pemerintah Kota (Pemko) Batam memiliki data pembanding yang bisa menghitung data pendapatan PPJU ini. Kenaikan ini tidak termasuk adanya penambahan baru pelanggan.

"Kami meminta kepada BP2RD untuk menghitung ulang. Dalam waktu dekat kami memanggil PLN Batam dan BP2RD untuk menyampaikan data. Pendapatan Pemko Batam sangat berbeda jauh sekali," tegasnya.

Uba menambahkan untuk menghindari adanya kesalahan, sebaiknya Pemko Batam membuat PPJU dengan menggunakan sistem online dan meninggalkan sistem manual. Agar tidak terjadi kesalahan perhitungan.

Memang, PPJU ini sudah jelas perhitungannya. Dimana diserahkan 6 persen untuk Pemko Batam. Namun yang terjadi Pemko tidak memiliki data. Sehingga apa yang diberikan PLN itu, itulah yang diterima.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved