BATAM TERKINI

Ini Rentetan Kronologis Vonis Conti Chandra yang Digugurkan Putusan PK

Sejak Rabu (3/10/2018) pukul 23.00 WIB Conti Chandra bebas dari Rumah tahanan Klas IIA Batam. Sebelumnya Conti Chandra dimasukan ke Rutan

Ini Rentetan Kronologis Vonis Conti Chandra yang Digugurkan Putusan PK
Istimewa
Terdakwa Conti Chandra saat mencermati eksepi yang dibacakan Penasihat Hukum, Muhammad Rum dalam sidang yang digelar di PN Batam, Kamis (28/5). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Conti Chandra langsung bebas setelah Makamah Agung (MA) RI mengabulkan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan penasihat hukum (PH) terpidana perkara BCC Hotel tersebut.

Dengan keluarnya putusan PK bernomor 41/PK/PID/2018 tertanggal 25 September 2018, Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam langsung mengeksekusi putusan PK tersebut.

Sejak Rabu (3/10/2018) pukul 23.00 WIB Conti Chandra bebas dari Rumah tahanan Klas IIA Batam. Sebelumnya Conti Chandra dimasukan ke Rutan itu sejak 8 Februari 2018.

Baca: Conti Chandra Langsung Bebas, MA Kabulkan PK Perkara BCC Hotel

Baca: Istri Conti Jadi Saksi di Sidang Kasus Saham BCC Hotel. Ini Keterangan di Persidangan

Baca: Dinilai tak Adil Perlakukan Conti & Tjipta dalam Kasus BCC Hotel, Begini Sikap Kejari Batam

Berikut vonis pengadilan mulai tingkat pertama, banding hingga kasasi. Kemudian putusan tersebut digugurkan dengan dikabulkan Peninjauan Kembali oleh MA RI.

Pertama :

Putusan Pengadilan tingkat pertama pada pengadilan negeri (PN) Klas IA Batam 321Pid.B/2015/PN.Btm tertanggal 30 Juli 2015. Ketua Majelis Khairul Fuad, dua hakim Anggota Budiman Sitorus dan Alfian. Dan Panitra Siti Fatimah. Semula Conti Chandra divonis dua tahun penjara karena terbukti melakukan perbuatan Penggelapan Dalam Jabatan

Kedua :

Melalui Pengacara Conti Chandra, Alfonso Napitupulu tidak terima atas vonis majelis hakim itu. Lalu melakukan upaya hukum banding dan hasilnya, tetap berkutat pada putusan semula, yakni menguatkan putusan PN Batam.

Putusan Pengadilan Tinggi Pekanbaru itu dicatat dengan Nomor 212/PID.B/2015/PT.PBR tertanggal 30 Desember 2015 dengan putusan menguatkan putusan PN Batam. Dengan Hakim Ketua Yohannes Ether Binti, dua hakim anggota Eddy Risdianto dan Ahmad Sukandar. Dan Panitra Bastarial.

Ketiga :

Setelah menerima putusan yang terbilang cepat itu, pihak Conti juga mengupayakan upaya hukum dengan mengajukan kasasi ke MA. Dalam putusan kasasi Putusan Makamah Agung Nomor 567 K/PID/2016 Tahun 2016 dengan Hakim Ketua Sri Murwahyuni dan dua hakim anggota Desnayeti M dan Sumardijatmo, dan Panitra Retno Murni Susanti juga menguatkan putusan tingkat pengadilan tingkat banding.

Dengan dikabulkan PK tersebut, putusan pidana penggelapan yang diputus Pengadilanm mulai tingkat pertama, banding dan kasasi atas perkara penggelapan berkas Hotel BCC yang disangketakan itu akhirnya gugur. (leo)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved