BATAM TERKINI

Ingin Bekerja Sekaligus Liburan di Luar Negeri? Cobalah Program Imigrasi Work and Holiday Programme

Baru-baru ini, Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Imigrasi, meluncurkan program ‘work and holiday programme’ atau berlibur dan bekerja. Apa itu?

Ingin Bekerja Sekaligus Liburan di Luar Negeri? Cobalah Program Imigrasi Work and Holiday Programme
Ilustrasi Paspor dan Visa 

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Baru-baru ini, Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Imigrasi, meluncurkan program ‘work and holiday programme’ atau berlibur dan bekerja.

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Batam Lucky Agung Binarto menjelaskan, program tersebut merupakan program Imigrasi  pusat.

Dia menambahkan, work and holiday programme merupakan program kegiatan yang tujuannya dibentuk untuk mendorong pertukaran budaya dan sebagai ajang untuk menjalin hubungan antarwarga (people to people).

“Misalkan untuk ajang pergaulan bagi kaum pemuda-pemudi, agar satu sama lain dapat saling mengenal/memahami budaya atau kebiasaan setempat dan berujung untuk mewujudkan terciptanya perdamaian,’’ katanya menjelaskan soal program pusat itu.

Baca: Wawako Batam Ungkap Kenapa Warga Bayar Rp 50 Ribu Per Paket Sembako Padahal Disiapkan Rp 7,6 Miliar

Baca: DPRD Batam Khawatir Bazar Sembako Murah Dipolitisasi, Ini Tanggapan Wakil Walikota Batam

Baca: INFO CPNS 2018 - Diminta Revisi Standar Passing Grade SKD CPNS 2018, Ini Jawaban Kemenpan RB

Baca: Pelaku Sabet Pakai Golok & Kejar Polisi, Begini Kronologis Penyerangan Mapolsek Penjaringan Jakarta

Baca: Untuk Layanan Sertifikasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, BP Batam Akan Buka SMI Corner

Terbentuknya program dimaksud merupakan hasil dari jalinan kerjasama yang erat antarpemerintah (government to government).

Melalui perjanjian atau kesepahaman, yang pada isi perjanjian atau isi kesepahaman tersebut biasanya juga mengatur kesepakatan pemberian fasilitas keimigrasian secara resiprokal atau timbal balik untuk mendukung pelaksanaan program.

Pada praktiknya, kegiatan program dapat dilaksanakan dengan cara melewati batas negara sehingga diperlukan fasilitas atau kemudahan keimigrasian berupa pemberian jenis visa tertentu.

Bagi masing-masing warga yang akan mengikuti program tersebut nantinya akan difasilitasi dengan pemberian visa bekerja dan berlibur (working holiday visa).

Umumnya penggunaan jenis visa ini dapat diperuntukkan untuk tinggal dengan waktu terbatas sekaligus dapat digunakan untuk melakukan kegiatan antara lain berlibur, serta melaksanakan pendidikan dan pekerjaan dengan jenis dan waktu yang juga sifatnya terbatas.

Adapun ketentuan dan persyaratan untuk memperoleh visanya merujuk sesuai kesepakatan berdasarkan pada perjanjian yang dibentuk, antara lain seperti adanya pemberlakuan ketentuan kuota pemberian visa serta persyaratan surat dukungan dari pemerintahnya masing-masing (letter of government support).

“Sekali lagi kami jelaskan,working holiday visa payungnya adalah hubungan resiprokal antar negara sebagai contoh saat ini Indonesia dan Australia. Memang untuk pelaksanaannya adalah menjadi kewenangan pusat  Ditjen Imigrasi,” katanya.

Lucky mengatakan, program itu bila ada warga Batam yang ingin manfaatkan terbuka lebar peluang.

“Untuk Batam silahkan memanfaatkannya dengan melakukannya via  website Ditjen Imigrasi secara online. Lebih lanjut silakan datang ke Mal Pelayanan Publik Kota Batam di gedung Sumatra,” tambahnya. (*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved