BATAM TERKINI

Sukseskan Uji Coba e-Parking, 100 Tukang Parkir di Batam Bakal Dapat Handphone Android

Menjelang pemberlakuan e-parking di Kota Batam, Dishub bakal membekali sekitar 100 juru parkir dengan handphone android untuk mempermudah transaksi.

Androidcentral
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Rencananya mulai Desember mendatang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam akan mengusahakan sistem uji coba pada Elektronik Parking (E-Parking).

Tahap awal, pihaknya akan menerapkan 100 titik e-parking dan setiap titik akan dijaga oleh 1 orang juru parkir.

"Sekarang kita nunggu perjanjian kerjasamanya dulu. Diusahakan Desember kita uji coba kalau bisa 100 titik yang mengoperasikan jukir. 1 titik 1 jukir dan handphonenya dari Telkomsel. Makanya kita buat kerjasamanya dulu," ujar Kepala UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Batam, Alexander Banik kepada Tribun, Rabu (13/11).

Diakuinya e-parking Batam tersebut akan dikoneksikan ke T-Cash Telkomsel. Jadi masyarakat mengisi saldonya dari T-Cash tersebut. Pengisiannya bisa di mana-mana seperti Indomaret, Telkomsel, Alfamart, dan lain sebagainya.

Baca: Diduga Sabu Dikemas Mirip Tepung Kue, Calon Penumpang Tujuan Surabaya Dibekuk Aparat di Hang Nadim

Baca: Batam Bisa Biayai Pembangunan, Wakil Walikota Batam : Wajib Pajak Adalah Pahlawan Pembangunan

Baca: WASPADALAH Jika Ada Mobil Box Masuk Perumahan Dini Hari. Kapolsek Sekupang Ungkap Modus Baru Ini

Baca: Seekor Monyet Rebut Bayi saat Disusui sang Ibu, Dibawa Kabur dan Ditinggal di Atas Atap Tetangga

"Makanya kita harus kerjasama dulu untuk menyambungkan E-parking Batam sama T-Cash itu," ujar Alex.

Alex menambahkan masyarakat harus mempunyai 2 aplikasi di antaranya aplikasi e-parking dan t-cash. Nah, sistem di Dishub yang akan mengkoneksikan, Jukir tinggal mengoperasikan.

"Aplikasi itu tak bisa sembarangan. Harus ada kerjasama," ucapnya lagi.

Sebelumnya dalam meningkatkan pendapatan dan menghindari terjadinya kebocoran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam akan membuat sistem e-parking pada 2019 mendatang.

Masalah pembayarannya, Dishub bekerjasama juga dengan pihak ketiga yaitu, T-Cash Telkomsel. Sehingga masyarakat bisa membayar parkir kendaraannya menggunakan T-Cash tersebut.

"Pertama masyarakat harus mendownload dulu aplikasinya di playstore android. Nama aplikasinya e-parking Batam," ujar Alexander kepada Tribun di Kantor DPRD Kota Batam.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved