Antisipasi Permintaan Penukaran Uang Baru di Karimun, Bank Indonesia Siapkan Rp 120 Miliar

Bank Indonesia menyiapkan uang senilai Rp 120 miliar lebih mengantisipasi permintaan penukaran uang baru kebutuhan lebaran di Kabupaten Karimun.

Antisipasi Permintaan Penukaran Uang Baru di Karimun, Bank Indonesia Siapkan Rp 120 Miliar
Tribunnews
Ilustrasi penukaran uang baru jelang Lebaran 

TRIBUNBATAM.id - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang senilai Rp 120 miliar lebih mengantisipasi permintaan penukaran uang baru kebutuhan lebaran untuk wilayah Kabupaten Karimun.

Uang sebanyak itu dititipkan BI ke Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Tanjungbalai Karimun sebagai kas titipan BI. Kepala Cabang BNI 46 Tanjungbalai Karimun, Irwansyah mengatakan, uang baru senilai Rp 120 miliar lebih tersebut sebagian sudah ditransfer BI kepada pihaknya sebanyak dua kali.

"Transferan pertama sekitar dua minggu lalu senilai Rp 60 miliar, baru-baru ini sekitar Rp 71 miliar lagi, total semuanya ada sekitar Rp 120 miliar lebih," ujar Irwansyah, Senin (20/5).

Uang sebanyak itu dikatakan Irwansyah tidak sepenuhnya dititipkan ke BNI 46 Tanjungbalai Karimun namun akan disebar ke sejumlah bank umum lainnya di Kabupaten Karimun seperti BRI, BTN, Mandiri, BCA, Bank RiauKepri dan Bank Syariah Mandiri. "Pembagiannya nanti tergantung kebutuhan masing-masing saja," kata Irwansyah.

Sementara penukaran uang baru dari BI tersebut sudah bisa dilakukan warga di BNI mulai Rabu (22/5) pada empat kantor kas BNI di Pulau Karimun yakni Tanjungbalai, Sungai Lakam, Baran, Teluk Uma Tebing plus Moro, dan Tanjungbatu Kundur.

Tidak ada persyaratah khusus dan batasan penukaran uang oleh warga, namun begitu Irwansyah mengatakan, pihaknya tetap akan mengedepankan azas kepatutan dan kewajaran.

"Kalau pribadi datang bawa uang Rp 200 juta untuk ditukarkan, wajar atau tidak. Begitu juga institusi atau perusahaan, berapa kebutuhan institusi atau perusahaan itu," kata Irwansyah.

Pecahan uang rupiah yang disiapkan yakni mulai dari Rp 1000, Rp 2000, Rp 5.000, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved