Joging Dapat Memperpanjang Hidup Anda Asal Dilakukan dengan Tepat. Lakukan Tips Ini Untuk Memulai

Lydiard sadar bahwa joging merupakan cara terbaik berlatih untuk kompetisi lari daripada lari kencang sampai kehabisan napas

Joging Dapat Memperpanjang Hidup Anda Asal Dilakukan dengan Tepat. Lakukan Tips Ini Untuk Memulai
g-stockstudio/Getty Images/iStockphoto
Jogging 

TRIBUNBATAM.id - Lari merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan.

Aktivitas lari memang cukup populer dan banyak disukai banyak orang.

Joging atau “berlari dengan kecepatan tetap dan langkah yang ringan” dipopulerkan oleh atlet maraton asal Selandia Baru Arthur Lydiard.

Lydiard sadar bahwa joging merupakan cara terbaik berlatih untuk kompetisi lari daripada lari kencang sampai kehabisan napas. Banyak orang mulai ikut joging di tahun 1980-an, dan belakangan joging semakin populer.

Terungkap Sosok Kevin Kosasih, Pengemudi Fortuner Pelat Dinas Polisi yang Ugal-Ugalan Dirazia Polisi

SBY Protes Pernyataan Prabowo Soal Sikap Politik Ani Yudhoyono di Pilpres 2014 dan Pilpres 2019

Banyak manfaat kesehatan dari kegiatan yang relatif murah dan mudah diakses ini. Sebuah riset di Kopenhagen, Denmark yang mengumpulkan data antara tahun 1976 dan 2003 mengungkapkan bahwa joging secara teratur bisa meningkatkan harapan hidup laki-laki sebesar 6,2 tahun, dan perempuan sebesar 5,6 tahun.

Pemimpin riset Peter Schnohr menemukan bahwa joging meningkatkan asupan oksigen dan fungsi jantung, mengurangi tekanan darah dan tanda peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin dan kepadatan tulang, serta membantu mencegah obesitas dan pembekuan darah.

Berapa banyak joging yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan manfaatnya? Studi dari Kopenhagen ini, merekomendasikan antara 60 dan 150 menit per minggu, secara total. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) juga menyarankan agar orang berusia 19 hingga 64 tahun harus melakukan 150 menit latihan aerobik sedang setiap minggu. Latihan aerobik adalah olahraga untuk waktu yang relatif lama, tanpa terlalu banyak berdampak pada laju pernapasan.

Mudik ke Bali, Begini Tips Luna Maya Biar Dapat Tiket Murah

Mudik ke Bali, Begini Tips Luna Maya Biar Dapat Tiket Murah

Manfaat ini dimaksimalkan dengan joging selama lebih dari 20 menit, setidaknya tiga hingga lima kali per minggu.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai pelari dan pelatih, ada beberapa trik lain yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal dari joging rutin.

1. Tingkatkan teknik Anda

Halaman
123
Editor: Aminnudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved