Jumlah Pelajar Singapura yang Stres Akibat Pelajaran Sekolah Semakin Banyak

Banyak pelajar Singapura saat ini dilaporkan mendapatkan bantuan psikiater ketika mereka bergelut mengatasi tekanan terus-menerus di bidang akademik

Jumlah Pelajar Singapura yang Stres Akibat Pelajaran Sekolah Semakin Banyak
intisarionline
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID,  SINGAPURA - Jumlah pelajar di Singapura yang tertekan dan stres akibat beban pelajaran sekolah semakin banyak.

Banyak pelajar Singapura saat ini dilaporkan mendapatkan bantuan psikiater ketika mereka bergelut mengatasi tekanan terus-menerus untuk cemerlang dalam prestasi akademik.

Anak-anak melaporkan gejala keresahan dan tekanan berkaitan sekolah, terutama di tingkat sekolah rendah, kata pakar, seperti dilansir TribunBatam.id dari Kantor Berita AFP.

Bahkan, kecenderungan tekanan itu semakin berat dan ada kasus pelajar yang terdorong untuk bunuh diri.

Sebelum Juventus Bertanding di ICC 2019, Cristiano Ronaldo Sudah Tiba Duluan di Singapura

Viral Nenek Sutasmi Nikah dengan Pemuda 19 Tahun di Pati, Beda Nasib dengan Nenek Rohaya dan Slamet

Ketua DPRD Kepri Ingatkan Kepala Disdik, Jangan Ada Anak yang Tidak Dapat Sekolah

Remaja kerap berhadapan masa panjang di sekolah, pekerjaan rumah serta desakan orangua untuk mengikuti les atau kursus sehingga memberi dampak yang buruk kada kondisi mental anak.

Laporan terbaru mendapati, hampir seluruh pelajar di republik pulau itu tertekan karena semakin tingginya nilai rata-rata  sekolah, memaksa mereka belajar lebih keras.

Kini, demi upaya mengurangi tekanan di sekolah, Singapura mulai melakukan pembaharuan dengan menghapuskan beberapa ujian akademik dan mengubah gaya belajar-mengajar.

“Kita perlu menyeimbangkan kesenangan belajar dan ketekunan dalam pendidikan,” kata Menteri Pendidikan, Ong Ye, di parlemen.

Tingginya tekanan terhadap pelajar kini menjadi masalah terbesar di Asia karena banyak pemerintah yang memaksakan sektor pendidikan sebagai program politik.

Stres Pendidikan di Asia

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved