Bahaya Pernikahan Sedarah Seperti Kakak Nikahi Adik Kandung di Bulukumba, Anak Bisa Cacat

Bahaya pernikahan sedarah atau inces, seperti dilakukan Ansar Mustamin (AM) (32) dengan FI (20), bisa berakibat buruk bagi sang anak.

Bahaya Pernikahan Sedarah Seperti Kakak Nikahi Adik Kandung di Bulukumba, Anak Bisa Cacat
Dok Pribadi AN (29)
Kakak Beradik Sekandung Lakukan Pernikahan Sedarah Secara Diam-diam, Keluarga Tolak Restu Mempelai 

TRIBUNBATAM.id - Bahaya pernikahan sedarah atau inces, seperti dilakukan Ansar Mustamin (AM) (32) dengan FI (20), bisa berakibat buruk bagi sang anak.

Seperti diketahui, pernikahan sedarah atau saudara kandung antara Ansar Mustamin (AM) (32) dan FI (20) terjadi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Kasus kakak nikahi adik kandung di Bulukumba itu disebut-sebut kabur ke Surabaya, Jawa Timur

Dilansir dari Hellosehat, perbuatan Ansar Mustamin (AM) menikahi saudara kandungnya itu ternyata bisa menimbulkan bahaya bagi anaknya kelak.

Keturunan dari pernikahan sedarah sangat berisiko tinggi untuk menderita penyakit genetik langka.

Anak hasil pernikahan sedarah akan memiliki kode genetik DNA yang tidak variatif karena mewarisi rantai DNA turunan dari ayah dan ibunya yang sangat mirip.

Kurangnya variasi dalam DNA dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak dapat melawan penyakit dengan baik.

Satu studi menemukan bahwa 40 persen anak hasil hubungan sedarah antara dua individu tingkat pertama (keluarga inti) lahir dengan kelainan berupa cacat fisik bawaan, atau cacat intelektual parah.

1. Albinisme

Albinisme adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda kekurangan melanin, zat pewarna rambut, mata dan kulit.

Seorang albino (sebutan bagi mereka yang memiliki albinisme) cenderung memiliki warna mata terang, serta kulit dan rambut sangat pucat bahkan hampir putih susu, bahkan jika mereka berasal dari etnis yang berkulit gelap.

Albinisme adalah penyakit resesif autosomal, yang berarti bahwa ketika dua orang dengan kode genetik sama berkembang biak, peluang anak-anak mereka jadi semakin besar untuk mewarisinya.

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved