BATAM TERKINI

Warnet di Sagulung Buka Sampai Larut Malam, Warga Curhat ke Camat

Enam titik Warung Internet (Warnet) di Sagulung jadi sorotan pemerintah Kecamatan Sagulung, Kota Batam, karena buka sampai larut malam.

Warnet di Sagulung Buka Sampai Larut Malam, Warga Curhat ke Camat
TRIBUNBATAM.id/IAN PERTANIAN
Polsek Sagulung Bubarkan Anak yang Bermain Warnet sampai larut Malam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Enam titik Warung Internet (Warnet) di Sagulung jadi sorotan pemerintah Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Provinsi Kepri. Enam titik tersebut sudah di laporkan ke Pelayanan Terpadau Satu Pintu (PTSP) Kota Batam, dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Batam.

Enam titik lokasi Warnet tersebut melanggar aturan buka tutup sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 3 Tahun 2015 tentang Usaha Warung Internet yang diterbitkan 26 Januari lalu.

Dalam Perwako tersebut kriteria lengkap yang harus dipenuhi pengelola warnet, diatur dalam Perwako pasal 5 ayat (2).

Beberapa yang diatur antara lain memblokir situs porno, perjudian, dan atau situs yang tidak sesuai dengan norma agama, sosial, kesusilaan, dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Terkait kondisi di dalam warnet, disebutkan bahwa bagi yang menggunakan sekat atau bilik, tingginya tak boleh melebihi 120 sentimeter.

Warnet juga diminta menyediakan kamera pengawas (CCTv) yang dapat memantau kegiatan seluruh pengunjung.

Perwako ini juga membatasi jam buka. Senin sampai Jumat dan Minggu boleh beroperasi pukul 06.00-21.00 WIB. Sedangkan Sabtu, pukul 06.00-22.00 WIB, atau lebih panjang satu jam.

Diduga Langgar Aturan Jam Buka, 6 Warnet di Sagulung Dilaporkan ke PTSP dan Dinas Kominfo Batam

Pelaku Curanmor di Sagulung Batam Rancang Aksi di Warnet, Orangtua Siswa Resah

Gubernur Kepri Kena OTT, Inilah Foto-foto Seputar OTT

Dan aturan yang terpenting yakni, warnet tidak boleh menerima pengunjung pelajar, mulai tingkat usia dini hingga menengah atas pada jam belajar.

Faktanya sekarang banyak warnet yang buka nyaris 24 jam. Hal ini membuat pihak Kecamatan Sagulung pusing terima keluhan orangtua.

"Kita sudah banyak terima keluhan orangtua, kita juga sudah dapat gambatan enam titik lokasi warnet yang melanggar aturan. khususnya buka tutup usaha warnet,"Kata Camat Sagulung, Reza Khadafy, Rabu (10/7/2019).

Enam titik lokasi Warnet di Sagulung yang meresahkan orangtua khususnya yang memiliki anak usia remaja yakni warnet di kawasan bisnis Mall Top 100, Kawasan Bisnis Sp Plaza, Kawasan Bisnis Buana Bisnis Centre (BBC), Simpang Nato, Ruko Buana Point Sagulung dan Kawasan Bisnis Tunas Regency.

Enam titik lokasi Warnet yang sering melangar aturan tersebut sudah disampaikan Camat Sagulung Ke Dinas Kominfo Kota Batam."Itu sudah masuk ke dalam bahasan kita. nanti akan kita tindak,"kata Reza Kahadafy. (ian)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved