BATAM TERKINI

Masuk Daerah Rawan Kejahatan, Dishub Batam Bakal Pasang CCTV di 70 Persimpangan Jalan

Dinas Perhubungan Kota Batam, mengajukan anggaran penambahan CCTv, di 70 titik traffic light yang ada di Batam sebagai langkah mencegah aksi begal.

Masuk Daerah Rawan Kejahatan, Dishub Batam Bakal Pasang CCTV di 70 Persimpangan Jalan
IDEA ONLINE
CCTV 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Untuk meminimalkan aksi begal yang belakangan kian meresahkan, Dinas Perhubungan Kota Batam, mengajukan anggaran penambahan CCTv, di beberapa titik traffic light yang ada di Batam

Saat ini, Pemko Batam memang telah memasang CCTv, namun dinilai hasilnya belum maksimal.

Setidaknya, 40 titik traffic light sudah terpasang CCTv dan 25 titik sudah tersambung Area Traffic Control System (ATCS).

Untuk diketahui, Sistem Kendali Lalu Lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS) sebagai pengendalian lalu lintas dengan menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota.

Pengaturan lalu lintas melalui sistem ini memerlukan parameter jumlah kendaraan dan waktu tempuh kendaraan.

ATCS ini untuk menata ulang satu persimpangan yang akan mengubah pola arus yang keluar dari setiap kaki persimpangan, yang implikasinya tetap akan mempengaruhi ritme arus lalu lintas pada ruas jalan lain.

Pada titik tertentu, arus ini justru akan menyebabkan penundaan pada persimpangan lain yang masih memiliki hubungan dengan persimpangan yang baru saja ditata ulang siklus lampunya.

Tahun Depan, Disdik Kepri Tambah Gedung SMA di 4 Wilayah Batam, Mana Saja?

Tergiur Harga Motor Murah, Ramayadi Terjerat Kasus Curanmor dan Diduga Penadah

Gubernur Kepri Kena OTT KPK, Pengusaha di Batam, Karimun Tak Ada yang Kenal Abu Bakar

Sederhananya, berhasil melancarkan arus lalu lintas di satu titik persimpangan, akan tetapi arus yang keluar dari titik tersebut justru membuat kemacetan di titik persimpangan yang lain.

Penataan ritme lalu lintas akan lebih baik apabila menerapkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) pada semua persimpangan lalu lintas yang ada bersinyal terkoordinasi yang diatur mencakup satu wilayah secara terpusat.

Dengan ATCS maka dapat dilakukan upaya manajemen rekayasa lalu lintas yang mengkoordinasikan semua titik-titik persimpangan bersinyal melalui pusat kontrol ATCS, sehingga diperoleh suatu kondisi pergerakan lalu lintas secara efisien.

Halaman
123
Penulis: Sihat Manalu
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved