Kebakaran Hutan Bintan Terjadi Berulang Kali, Pemkab Bintan Baru Gelar Rapat dengan Satgas Karhutla

Kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Bintan terjadi berkali-kali. Pemkab Bintan akan menggelar rapat koordinasi untuk mengatasi masalah ini.

Kebakaran Hutan Bintan Terjadi Berulang Kali, Pemkab Bintan Baru Gelar Rapat dengan Satgas Karhutla
TRIBUNBATAM.id/ALFANDI SIMAMORA
Kebakaran Hutan Seluas Satu hektar di kawasan Bintan Memnghebohkan Masyarakat sekitar 
TRIBUNBATAM.id, BINTAN - Kasus kebakaran lahan dan hutan kerapkali terjadi di wilayah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) selama dua bulan terakhir.
Jumlah kasus kebakaran ini membuat semua pihak mulai bereaksi, apalagi ketika Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan pernyataan tentang upaya mengurangi kebakaran hutan.
 
Reaksi tersebut pun ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan.
 
Dalam waktu dekat, Pemkab Bintan akan mengadakan rapat untuk membahas kasus kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Bintan.
 
Sebab, kebakaran hutan dan lahan sudah cukup sering terjadi di wilayah Bintan selama 2019 khususnya mulai terjadi selama Juli hingga Agustus 2019.
 
"Menanggapi kasus kebakaran hutan dan lahan ini, dalam waktu dekat ini  kita akan menggelar rapat dengan seluruh Tim Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla)  dan Polres Bintan," terang Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Bintan, Adi Prihantara, Selasa (13/8/2019).
 
Adi Prihantara menjelaskan, dalam agenda rapat tersebut, dirinya berharap ada inovasi dan kreativitas yang dihasilkan untuk menangani kasus kebakaran hutan dan lahan ke depan.
 
Sebab, kebakaran hutan dan lahan ini sungguh berpengaruh terhadap udara yang dihirup dan ekosistem yang ada di hutan Kabupaten Bintan.
 
"Jadi nanti pada agenda rapat kordinasi yang kita gelar, saya berharap bisa menghasilkan inovasi dan kreativitas untuk menangani kasus kebakaran hutan dan lahan.
Dengan demikian, kebakaran lahan dan hutan tidak terjadi ke depan," ucap Adi Prihantara.
 
Kebakaran lahan terjadi lagi di wilayah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.
Kebakaran lahan terjadi lagi di wilayah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)
Adi Prihantara juga menyebutkan, rapat kordinasi perihal kasus kebakaran hutan dan lahan ini segera digelar dalam pekan ini atau pekan depan.
 
"Satgasnya Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan sudah ada.
Begitulah juga dengan Peraturan Gubernur (Pergub).
Cuma komunikasi dan koordinasi belum diintensifkan.
Kita perlu kreativitas dan inovasi untuk mengantisipasi kejadian ini ke depan," tegas Adi Prihantara. (TRIBUNBATAM.id/Alfadi Simamora)
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved