BPJS Ketenagakerjaan Canangkan Pasar Botania 2 Jadi Pasar Sadar Ketenagakerjaan

Pada tahun 2019 ini, pasar Botania 2 akan dicanangkan menjadi pasar sadar. Kegiatan pasar sadar ini diawali dengan mengedukasi para pekerja yang berad

BPJS Ketenagakerjaan Canangkan Pasar Botania 2 Jadi Pasar Sadar Ketenagakerjaan
TRIBUNBATAM.id
Kepala Kantor Cabang Batam Nagoya Surya Rizal 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya terus berupaya melakukan peningkatan jumlah kepesertaan tenaga kerja sektor bukan penerima upah tahun 2019 melalui edukasi kepada para tenaga kerja yang berada di sekitaran pasar-pasar di Kota Batam.

Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah gerakan pasar sadar BPJS Ketenagakerjaan. Pada tahun 2019 ini, pasar Botania 2 akan dicanangkan menjadi pasar sadar.

Kegiatan pasar sadar ini diawali dengan mengedukasi para pekerja yang berada disekitaran pasar, misalnya pedagang, tukang parkir, buruh angkut dan ojek.

Setelah di edukasi nantinya para pekerja ini diharapkan menjadi peserta dan akan terus melakukan pembayaran iuran.

Dalam kegiatan ini juga dibentuk Penggerak Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PERISAI) yang nantinya akan membantu proses pendaftaran dan pembayaran iuran bagi pekerja yang ada di pasar botania 2.

Surja, Korban Tewas Kebakaran KM Sembilang Ternyata Tak Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan Karimun

Tidak Hanya Pekerja, 2000 Petani Batam Bakal Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Kerja Sama HKTI dan BPJS Ketenagakerjaan, Petani Dapat Jaminan Kecelakaan dan Kematian

Melalui Program GN Lingkaran, PT Austin – BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Pekerja Rentan

Kepala Kantor Cabang Batam Nagoya Surya Rizal mengatakan edukasi pasar dalam rangka pasar sadar ketenagakerjaan ini sengaja dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para pekerja khususnya di PasarBotania 2 tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Cukup bayar Rp 36.800 sudah bisa terlindungi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT)”," katanya.

Menurut Rizal, peserta yang sudah terlindungi jika terjadi kecelakaan kerja maka akan mendapatkan perawatan dan pengobatan sampai sembuh, tidak perlu mengeluarkan biaya karena bisa dibawa kerumah sakit kerjasama BPJS Ketenagakerjaan.

Jika tenaga kerja meninggal dunia maka minimal akan mendapatkan santunan sebesar 24 juta rupiah.

“Jika sosialisasi dan edukasi telah dilaksanakan dan proses pendaftaran peserta sudah selesai, nanti akan kita adakan launching pasar sadar BPJS Ketenagakerjaan dalam waktu dekat ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga BPJS Ketenagakerjaan berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam sebagai mitra dalam program perlindungan khususnya kepada para pedagang pasar di Kota Batam.(*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved