Polresta Barelang Gelar Operasi Patuh Seligi 2019, Jangan Lakukan 3 Hal Ini Kalau Gak Mau Ditilang

Satlantas Polresta Barelang akan menggelar giat Operasi Patuh Seligi 2019. Kegiatan ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia pada 29 Agustus 2019

Polresta Barelang Gelar Operasi Patuh Seligi 2019, Jangan Lakukan 3 Hal Ini Kalau Gak Mau Ditilang
TRIBUNBATAM/ENDRA KAPUTRA
Kasat Lantas Polresta Barelang Kompoll Putu Bayu Pati 

Siap-siap! 14 hari, Satlantas Polresta Barelang Akan Gelar Sandi Operasi Patuh Seligi 2019

TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Satlantas Polresta Barelang akan menggelar giat Operasi Patuh Seligi 2019.

Kegiatan ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia pada 29 Agustus 2019 Mendatang.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati mengatakan, Konsep umum dari Pelaksanaan Operasi ini adalah penegakan hukum yang humanis.

Selain itu Polisi juga memberikan kegiatan Preemtif dan Preventif dan meningkatkan ketertiban serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya.

Rupiah Kembali Loyo, Pemangkasan Suku Bunga Tak Mempan

VIDEO-9 Korban Avanza Tabrak Pohon di Jalan Wiratno Tanjungpinang Satu Keluarga Dilarikan ke RS AL

Sikap Aksi Cepat Tanggap dalam Hadapi Bencana Kekeringan yang Mematikan di Indonesia

Pembuatan Paspor Semester I Tahun 2019 di Batam Meningkat, Musim Liburan Jadi Alasan

"Ada 8 target sasaran Operasi Patuh Seligi 2019 ini yaitu, pengemudi dibawah umur, pengemudi melawan arus, pengemudi dan penumpang sepeda motor roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan sepeda motor roda dua yang berboncengan lebih dari satu penumpang,'' jelas Putu Jumat (23/8).

"Selanjutnya, pengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk karena narkoba atau miras, pengemudi yang mengunakan Handphone saat berkendara, pengemudi melebihi batas kecepatan yang ditentukan dan pengemudi kendaraan Roda 4 atau lebih yang tidak mengunakan Safety Belt," tambah Putu.

Untuk itu, lanjut Putu, mari lengkapi administrasi seperti SIM, STNK yang sudah dibayar pajak, Plat Nomor yang masih berlaku dan masih dapat dilihat dengan jelas dan juga cek kelengkapan pendukung keamanan lainnya apakah berfungsi normal demi kemanan dan keselamatan dijalan raya.

"Apabila menemukan ada pemeriksaan dari petugas kami dilapangan, ikuti prosedurnya dengan santai tidak usah tegang karna pada dasarnya Operasi ini kita Laksanakan demi keamanan dan kenyamanan lalu lintas anda dijalan raya" pesan Putu.

Sementara itu, dalam operasi patuh seligi 2019 ada 3 target utama sasaran yakni, pengemudi yang tidak menggunakan helm, pengemudi melawan arus dan pengemudi anak dibawah umur.

Inilah 20 Nama Capim KPK, Irjen Firli Bahuri Lolos Seleksi

Alias Wello Terseret Kasus Suap, Begini Nasib Mobil Hummer BP 4 AW

Fraksi PKS dan PPP di DPRD Kepri Tolak Ranperda APBD Perubahan, Begini Alasannya

Putu menjelaskan data kecelakaan tahun 2018 lalu sebanyak 518, dengan rincian meninggal 86 orang, luuka berat 103 orang, luka ringan 73 orang, sementara kerugian material Rp1.397.500.000.

Terpisah, wakasatlantas Polresta Barelang, AKP Kartijo mengatakan bahwa setiap tahun pihaknya melakukan tiga operasi dibidang lalu lintas yakni, operasi keselamatan atau yang lebih dikenal dengan operasi simpatik, operasi patuh seligi dan selanjutnya nanti adalah operasi Zebra.

Terkait dengan operasi yang dilakukan oleh pihaknya nanti, Kartijo menjelaskan bahwa ada 3 hal yang dilakuakan yakni, 20 persen preventive, 20 persen preemtif dan 60 persen refresif.

"Artinya, 20 persen preventif yakni kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan secara rutin dari pagi hingga sore hari, 20 persen preemtif akan dilakukan upaya edukasi terhadap sekolah-sekolah tentang lalu lintas dab 60 persen refresif akan ditindak dengan melakukan penilangan terhadap pengendara yang melanggar lalu lintas," jelas Kartijo.

Adapun tujuan operasi tersebut adalah terwujudnya situasi lalu lintas yang tertib, aman, lancar dikota Batam, kemudian meningkatkan kesadaran, disiplin dan kepatuhan masyarakat dibidang lalu lintas.(tribunbatam.id/leo Halawa)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved