Dinkes Kepri Dorong Para Ibu Berikan ASI Eksklusif ke Anak

Dalam rangka peringatan PAS Kepri tahun 2019, Dinkes Kepri menggelar kegiatan "Menyusui Serentak" di Laman Boenda,Tanjungpinang, Minggu (25/8/2019).

Dinkes Kepri Dorong Para Ibu Berikan ASI Eksklusif ke Anak
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Penandatanganan Mou antara Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dengan AIMI Kepri tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Kampanye “Menyusui Serentak” 

TRIBUNBATAM.id - Menyusui adalah proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu.

Sedangkan ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja selama enam bulan pertama tanpa minuman atau makanan tambahan lain.

Setelah 6 bulan, pemberian ASI dengan makanan pendamping ASI, lalu ASI dilanjutkan sampai dengan dua tahun atau lebih.

Dalam rangka peringatan Pekan Asi Sedunia (Pas) Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019, Dinkes Kepri menggelar kegiatan "Menyusui Serentak" di Laman Boenda,Tanjungpinang, Minggu (25/8/2019).

Kegiatan ini adalah bertujuan untuk menginformasikan tentang hubungan antara perlindungan sosial orangtua yang setara gender dan menyusui.

Menyampaikan nilai-nilai ramah orangtua dan norma sosial yang setara gender di semua tingkatan untuk mendukung menyusui, kegiatan ini melibatkan individu dan organisasi untuk menghasilkan dampak yang lebih besar.

Menggalakkan berbagai aksi perlindungan sosial orangtua yang setara gender untuk meningkatkan menyusui.

Selain mengadakan kegiatan "Menyusui Serentak" pada acara tersebut juga memberikan kampanye kesehatan dan penggerakkan masyarakat.

Kegiatan diawali dengan senam sehat bersama yang diikuti oleh seluruh peserta dan masyarakat umum, kemudian penandatanganan Mou antara Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dengan AIMI Kepri tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Kampanye “Menyusui Serentak” diikuti oleh 150 orang ibu menyusui.

Selain itu, terdapat bazar-bazar kesehatan dan Konseling menyusui.

Kegiatan ini diikuti oleh 230 orang yang terdiri dari ibu menyusui dari AIMI Kepri sebanyak 150 orang, Fatayat NU sebanyak 50 orang dan Dinas Kesehatan sebanyak 30 orang.

Dengan adanya Kegiatan “Menyusui Serentak” dalam rangka Peringatan Pekan Asi Sedunia (PAS) Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 ini diharapkan mampu memberdayakan orang tua untuk bisa menyusui sehingga terciptalah generasi emas dimasa mendatang. (*)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved