Filosofi Batik; Merapah 5 Warisan Budaya Batik di Cirebon, Pekalongan, dan Lasem

Filosofi batik dan bagaimana pengaruh batik terhadap lingkungan sosial serta ekonomi sangat menarik untuk disimak. Mari simak selengkapnya disini.

Filosofi Batik; Merapah 5 Warisan Budaya Batik di Cirebon, Pekalongan, dan Lasem
kompas.com
Seniman batik asal Desa Trusmi, Cirebon, Katura. (Tim Merapah 5 Warisan Budaya Batik Kompas.com) 

TRIBUNBATAM.id -  Batik tidak hanya menarik untuk dikenakan sebagai fashion. Filosofi-nya pun dapat mempengaruhi terhadap lingkungan sosial serta ekonomi. Dan ini  sangat menarik untuk disimak.

Untuk itu, Kompas.com tertarik menjelajah lebih jauh seluk beluk Batik. Melalui program Merapah Lima Warisan Budaya Batik, liputan khusus ini berlangsung di lima daerah penghasil batik yang berhasil Kompas.com sambangi.

"Batik ini sebenarnya bukan cuma seni tetapi di dalam batik banyak pembuat dan produsen memiliki nlai filsafat atau sejarah. Bahkan di beberapa daerah Indonesia itu memiliki ciri khas yang berbeda satu dengan yang lain," kata Penanggung Jawab Merapah 5 Warisan Budaya Batik, Aris F Harvenda saat acara pelepasan Merapah 5 Warisan Budaya Batik di Menara Kompas, Jakarta, Senin (17/10/2019). 

Lima daerah yang disambangi oleh tim Kompas.com dalam Merapah Lima Warisan Budaya Batik terdiri dari Cirebon, Pekalongan. Lasem, Surakarta, dan Yogyakarta.

Untuk menjelajah kota tersebut, tim yang terdiri dari kanal Otomotif dan Travel menggunakan mobil Honda BR-V Prestige.

Kecelakaan Bus Di Arab Saudi Menewaskan 35 Warga Negara Asing, Ada Warga Indonesia?

Begini Cara Share Status di WhatsApp ke Facebook dan Instagram Story, Berminat Mencoba?

"Apa yang bisa kami dukung melalui Honda BR-V bisa memberi perjalanan yang nyaman, bisa membawa ke mana saja dengan lebih aman," kata Public Relation Assistant Manager PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili, yang turut hadir dalam acara pelepasan Merapah 5 Warisan Budaya Batik. 

Dalam video Episode 1 — Cirebon, Pekalongan, Lasem #MerapahBatik ada tiga daerah dengan kekayaan batik yang ditampilkan. Tim Kompas.com bertemu dengan seniman dan pengusaha batik setempat, serta berkunjung ke Museum Batik dengan gedung bersejarah.

Selengkapnya dalam video yang ditautkan berikut ini. Semoga lewat tayangan ini dapat memperkaya wawasan mengenai batik di Cirebon, Pekalongan, dan Lasem sekaligus menikmati pemandangan Pulau Jawa yang menawan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yuk Tonton Merapah 5 Warisan Budaya Batik ke Cirebon, Pekalongan, dan Lasem", https://travel.kompas.com/read/2019/10/17/150000427/yuk-tonton-merapah-5-warisan-budaya-batik-ke-cirebon-pekalongan-dan-lasem

Tak Hanya Pixel 4 dan Pixel 4 XL, Inilah Produk dan Layanan Terbaru yang Diperkenalkan Google

Download Lagu MP3 Ragu Semesta Isyana Sarasvati, Lengkap Lirik Lagu dan Video Klip

Kembali BOCOR Daftar Nama Menteri dengan Kop Jokowi-Maruf, Reaksi Jokowi: Saya Sendiri Baca

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved