Menhan Prabowo Subianto Sempat Dilarang ke Amerika Serikat, Kali Ini Malah Diundang Kesana

Semenjak menjabat sebagai Menteri Pertahanan Negara (Menhan) akhirnya Prabowo Subianto diperbolehkan berkunjung ke Amerika Serikat.

Twitter @Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat kunjungan ke Mabes TNI, Rabu (30/10/2019) diterima Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Tampak di belakangnya, mobil yang ditumpangi Prabowo. 

TRIBUNBATAM.id - Semenjak menjabat sebagai Menteri Pertahanan Negara (Menhan) akhirnya Prabowo Subianto diperbolehkan berkunjung ke Amerika Serikat.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pernah dilarang berkunjung ke Amerika Serikat ( AS) pada tahun 2000, sebagaimana dimuat dalam laporan harian New York Times.

Namun belakangan, sejak diangkat menjadi Menteri Pertahanan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Prabowo dikabarkan sudah tidak lagi dilarang berkunjung ke Negeri Paman Sam itu.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Prabowo Subianto sudah tidak dilarang masuk ke Amerika Serikat, bahkan ia diundang pihak AS berkunjung ke sana.

Pak Kades Selingkuh di Bawah Jembatan, Ketahuan Warganya Sendiri Saat Buang Hajat

Kadisnaker Batam Sebut Banyak Loker di Batam, Kemampuan di Bidang Gas dan Oil Paling Dibutuhkan

Menhan Prabowo Subianto Bantah Akan Tolak Gaji Menteri, Dia Juga Akan Gunakan Fasilitas Negara

"Sejak jadi Menhan ada beberapa dari negara yang kemudian bersilahturahim kepada Pak Prabowo, termasuk dari tim Amerika Serikat. Kemudian dalam silaturahmi itu juga menyampaikan undangan berkunjung," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (29/10/2019).

Namun, kata Dasco, Prabowo belum bisa memenuhi undangan tersebut karena masih menata tugas-tugas di Kementerian Pertahanan.

Terkait hubungan Prabowo dan Amerika ini, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menilai, Kementerian Luar Negeri memastikan sikap Pemerintah AS terkait masalah ini. 

Tante AN Ditangkap Polisi Usai Sebarkan Video Syur Dirinya Bersama Brondong

Kadin Kepri Siapkan Panggung Debat, Undang Calon Pemimpin Kepri, Soerya dan Isdianto Ikut Serta

Ia mengatakan, Kemenlu RI perlu memastikan hal tersebut ke Kemenlu AS agar tak muncul kehebohan publik.

"Oleh karenanya bagi Menhan Prabowo bila hendak mengunjungi AS perlu dilakukan komunikasi antar-kemenlu kedua negara untuk memastikan tidak ada penolakan," kata Hikmahanto melalui keterangan tertulis, Rabu (30/10/2019).

"Penolakan saat kunjungan perlu dihindari agar tidak mengundang kehebohan publik di Indonesia yang akan mempengaruhi hubungan kedua negara," ujar dia. Hikmahanto juga menyampaikan, jabatan resmi seperti menteri bukan jaminan seseorang bisa masuk ke AS.

Di lain pihak, Kedutaan Besar AS di Jakarta pun angkat bicara mengenai isu bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak boleh memasuki wilayahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Prabowo ke Amerika Serikat, Saran untuk Kemenlu, hingga Respons Kedubes AS...", https://nasional.kompas.com/read/2019/10/31/08545531/soal-prabowo-ke-amerika-serikat-saran-untuk-kemenlu-hingga-respons-kedubes.

Editor: Eko Setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved