Kadin Batam Beri Saran Agar Penetapan UMK Sesuai Dengan Aturan, Begini Triknya

Mengacu peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 Dewan Pengupahan Kota Batam menyatakan Upah Minimum (UMK) Kota Batam, Kepulauan Riau tahun 2020 sebes

Kadin Batam Beri Saran Agar Penetapan UMK Sesuai Dengan Aturan, Begini Triknya
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Penetapan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK)  paling lambat harus di tetapkan setiap kabupaten kota yaitu pada tanggal 21 November 2019 mendatang.

Mengacu peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 Dewan Pengupahan Kota Batam menyatakan Upah Minimum (UMK) Kota Batam, Kepulauan Riau tahun 2020 sebesar Rp4,13 juta 

Penetapan yang dilakukan Dewan pengupahan oleh elemen organisasi buruh mendapat penolakan di kutip dari pemberitaan Tribun Batam sebelumnya  Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, Alfitoni mengatakan, pihaknya menolak besaran kenaikan upah minimum kota (UMK) sebesar 8,51 persen.

Apindo Batam Patuhi Kenaikan UMK Batam 2020, Sebut UMSK Sifatnya Tak Wajib

Belum Ada Keluhan Terkait Usulan UMK Batam 2020, Ditetapkan Paling Lambat 21 November 2019

Detik-detik Penikaman Pengusaha di Batam, Herman Sempat Cekcok dan Dikeroyok 5 Orang

Hal itu disampaikannya usai rapat dewan pengupahan kota (DPK) di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Batam di Sekupang, Kamis (24/10/2019) lalu.

 “Kita menyatakan menolak besaran kenaikan 8,51 persen itu. Kita akan mengusulkan naik 10-15 persen dari UMK tahun ini sebesar Rp 3,8 juta,” kata Alfitoni.

Menanggapi prihala UMK 2020 mendatang Ketua kamar dagang Indonesia (Kadin) kota Batam Jadi Rajaguguk meminta Pemerintah Kota Batam harus bisa mengontrol harga kebutuhan pokok.

"Pemerintah Kota Batam harus bisa mengontrol harga kebutuhan pokok di Batam," ujar Jadi saat dihubungi Tribun Batam pada Minggu (3/11/2019).

Lebih lanjut jadi menjelaskan agar besaran UMP 2020 dan UMK Batam mengikuti formula yang diatur dalam PP 78/2015 maka pemerintah harus bisa melakukan saranya diatas.

Give a Great Discount, Imoo Watch Phone Y1 Now Priced at Rp 499 Thousand

Penjual Cilok Cantik Viral di Solo, Awalnya Cuma Bantu Kakak, Kini Omset Naik

Besok, Tim Terpadu Menertibkan 7 Kios Di Depan Hotel Allium

"Besaran UMP 2020 dan UMK Batam mengikuti formula yang diatur dalam PP 78 tahun 2015. Kenaikan upah ditentukan berdasarkan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi di kota Batam maka pemerintah harus sanggup mengontrol harga yang saya katakan tadi," ujar Jadi

Hingga saat UMK yang di tetepkan dewan pengupahan Kota Batam masih mendapat penolakan dari kalangan pekerja di kota Batam.(TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved