Mirip Wamil di Korea Selatan, Prabowo Ingin Bentuk Pasukan Komcad dari Pelajar

Mirip wamil di Korea Selatan, Menhan Prabowo Subianto berencana membentuk pasukan Komponen Cadangan atau Komcad yang berasal dari pelajar.

Mirip Wamil di Korea Selatan, Prabowo Ingin Bentuk Pasukan Komcad dari Pelajar
Biro Humas Kementerian Pertahanan RI
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Malaysia YB Tuan Haji Mohamad bin Sabu, Kamis (14/11/2019) di kantor Kementerian Pertahanan Malaysia, Kuala Lumpur. 

TRIBUNBATAM.id Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto berencana membentuk pasukan Komponen Cadangan atau Komcad yang berasal dari pelajar.

Ini mirip dengan wajib militer atau wamil di Korea Selatan.
 

Pasukan Komcad yang dibentuk dari golongan pelajar tersebut nantinya akan menjadi komponen cadangan Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Dalam hal ini, Menteri Pertahanan Prabowo akan berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk terobosannya kali ini. 

Mirip Wamil di Korea Selatan, Prabowo Ingin Bentuk Pasukan Komcad dari Siswa, Mendikbud Siap Dukung?
Mirip Wamil di Korea Selatan, Prabowo Ingin Bentuk Pasukan Komcad dari Siswa, Mendikbud Siap Dukung? (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju itu baru saja menyampaikan terobosannya terkait bidang pertahanan.

Terobosan yang diusulkan oleh Prabowo tersebut ia sampaikan saat mengadiri rapat perdana dengan Komisi I DPR pada, Senin (11/11/2019). 

Dalam hal ini, Prabowo mengusulkan rencana untuk membentuk pasukan Komponen Cadangan yang berasal dari kalangan pelajar hingga mahasiswa. 

Dalam hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berencana menemui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pertemuan Nadiem Makarim dengan Prabowo Subianto rencananya guna membahas rencana pelatihan siswa hingga mahasiswa menjadi pasukan komando cadangan (komcad).

Dilansir wikipedia, Komponen Cadangan adalah sebuah pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil.

Pengamat Ini Pertanyakan Dahnil Anzar Jadi Jubir Menhan Prabowo Subianto, Ini Bahayanya

Keberadaan Komponen Cadangan memungkinkan suatu negara untuk mengurangi anggaran militer pada masa damai dan disiapkan untuk perang.

Halaman
1234
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved