Hari Guru 2019

Jusuf Kalla: Dulu Siswa Tak Berani Mengeritik Guru, Kini; Itu Hal Biasa

Nasihat dari Bapak Bangsa ini dikemukakan, tiga hari menjelang Hari Guru ke-74, yang akan diperingati secara nasional Senin (25/11/2019)

Jusuf Kalla: Dulu Siswa Tak Berani Mengeritik Guru, Kini; Itu Hal Biasa
dok_jubir_JK_Husain_Abdullah
Jusuf Kalla bersama guru di acara Pangudi Luhur Karnival di Jakarta, Jumat (22/11/2019) pagi. Kunjungan ini hanya tiga hari menjelang Hari Guru ke-74, yang akan diperingati secara nasional Senin (25/11/2019) 

 JAKARTA, TRIBUN.BATAM.ID — Tokoh bangsa M Jusuf Kalla (77), mengingatkan guru harus terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pembelajaran di era millennial ini.

Kemajuan teknologi dan informasi global, membuat akses kepada ilmu pengetahuan sama antara guru dan murid.

Di zaman dulu, siswa tak berani mengeritik guru, sebab sumber ilmu pengetahuan ada pada guru dan akses buku pelajaran hanya dimiliki guru dan sekolah.

Sedangkan saat ini, “murid sudah berani mengkritik guru maupun kepala sekolah..” kata mantan Wakil Presiden itu saat memberi sambutan pada seremoni pembukaan Pangudi Luhur Karnival Festival di SMA Pangudi Luhur, Jakarta Selatan,Jumat (22/11/2019) pagi, dalam rilis yang diterima Tribun.

Nasihat dari Bapak Bangsa ini dikemukakan, tiga hari menjelang  Hari Guru ke-74, yang akan diperingati secara nasional Senin (25/11/2019) awal pekan depan.

Oleh karena itu, jelas Jusuf Kalla, guru di era saat ini, selain harus mengupgrade pengetahuan, juga harus bisa mengikuti perkembangan psikologi pendidikan modern.

Kalla juga mengingatkan, para guru untuk tidak semata mentransfer ilmu pengetahuan namun juga tetap bisa memberi teladan dengan terus mengedepankan perilaku disiplin, dan mengajarkan etika.

Kumpulan Lagu Tema Hari Guru Nasional, Ada Hymne Guru hingga Jasamu Guru, dengan Lirik Lagu

Hari Guru; Indonesia Masih Butuh 2 Juta Guru, Rekrutmen Guru CPNS 2019 Cuma Mampu 63 Ribu

Kepada para siswa, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengigatkan generasi muda akan datang harus penuh dengan inovasi dan riset agar dapat  bersaing secara global.

Menurut JK,tanpa inovasi dan riset dan dukungan pendidikan yg baik,maka kita akan ketinggalan dan tidak dapat bersaing.

Kepada pihak pengelola sekolah, mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat ini berharap manajemen sekolah harus lebih terbuka terhadap gagasan baru metode pendidikan.

Usai membuka Pangudi Luhur Karnival, JK menyempatkan diri meninjau beberapa fasilitas sekolah diantaranya ruang belajar siswa SMA Pangudi Luhur.

Halaman
Penulis: Ian Pertanian
Editor: thamzil thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved