Mendikbud Nadiem Makarim Akan Hapus Ujian Nasional, Sebut Indonesia Negara yang Tak Pakai UN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, mengaku bahwa pihaknya tengah mengkaji wacana penghapusan Ujian Nasional (UN).

Mendikbud Nadiem Makarim Akan Hapus Ujian Nasional, Sebut Indonesia Negara yang Tak Pakai UN
kompas.com
Nadiem Makarin, CEO of Gojek, Resigns his post 

TRIBUNBATAM.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, mengaku bahwa pihaknya tengah mengkaji wacana penghapusan Ujian Nasional (UN).

Wacana ini menjadi bahasan dalam rapat bersama hari Selasa (26/11) yang melibatkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, staf khusus Mendikbud, bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

1.328 Orang di Nganjuk Positif Terjangkit HIV/AIDS, Ini Pesan Wabup Nganjuk

Pegawai KPK Ramai-ramai Mengundurkan Diri, Diisukan Karena Akan Dijadikan PNS, Apakah Masalah Gaji?

Sehari setelah Hari Guru Nasional 2019, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengadakan rapat mengkaji wacana penghapusan Ujian Nasional (UN), Selasa (26/11/2019).

Rapat ini yang melibatkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, staf khusus Mendikbud, bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

 

Kamis (28/11/2019), pada wartawan Nadiem memastikan pihaknya tengah mengkaji penghapusan UN dan meminta wartawan dan jurnalis menunggu pengumuman resminya. 

Melansir dw.com/indonesia, Nadiem juga mengatakan bahwa Kemendikbud tengah berupaya menciptakan kesinambungan antara sistem pendidikan dan dunia industri, sebagaimana yang diperintahkan Presiden Joko Widodo.

Cerita Haru Driver Ojek Online Kerja Sambil Gendong Bayi, Istri Meninggal Saat Hamil Anak ke 2

"Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang satunya adalah deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan. Makanya platformnya yang kami sebutkan itu merdeka belajar," ujar mantan CEO Gojek tersebut.

Ia menambahkan, penyederhanaan kurikulum juga akan coba diterapkan oleh Kemendikbud.

"Dari situ harus ada penyederhanaan dari sisi kurikulum maupun assesment agar beralih kepada yang sifatnya yang lebih kompetensi dan bukan saja menghafal informasi.

Itu suatu perubahan yang akan kita terapkan dan kita sempurnakan," lanjutnya.

Halaman
1234
Editor: Eko Setiawan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved