BATAM TERKINI

Angka Pernikahan Dini di Galang Batam Menurun, KUA Beberkan Alasannya

Daman menyebut, total ada 388 pasangan menikah tahun 2018 lalu.Angka ini menurun jadi 305 pada 2019

Angka Pernikahan Dini di Galang Batam Menurun, KUA Beberkan Alasannya
TRIBUNBATAM.ID/ICHWAN NUR FADILLAH
Petugas KUA Galang, Kota Batam, Daman 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Jumlah pernikahan dini di Kecamatan Galang, Kota Batam tahun 2019, menurun jika dibandingkan tahun 2018 lalu.

Banyak faktor menjadi alasan berkurangnya angka ini.

"Apabila dilihat pada tahun 2018 lalu, total ada sekitar 388 pasangan yang menikah secara keseluruhan. Untuk sekarang di tahun 2019 hanya 305 hingga bulan ini.

Dari angka-angka tadi juga diketahui pernikahan usia dini ikut berkurang," jelas salah satu pegawai bagian administrasi KUA Galang, Daman kepada Tribun Batam, Minggu (22/12/2019) lalu.



Kata ayah empat anak ini, penyebab berkurangnya angka pernikahan usia dini dilatarbelakangi setelah pengesahan revisi undang-undang (UU) Perkawinan Nomor 1 tahun 1974.

Pada aturan itu, usia minimum untuk menyelenggarakan pernikahan antara seorang pria maupun wanita adalah 19 tahun.

Natal 2019, 229 Napi di Kepri Dapat Remisi, 6 Diantaranya Langsung Bebas

Gerhana Matahari Bakal Lewati Batam, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta Siapkan 4 Teleskop

"Kalau dulu mungkin bisalah. Aturan itu telah dijalankan sejak bulan September lalu dan banyak pasangan di bawah umur kami tolak permohonannya berdasarkan ketentuan," sambungnya.

Ia melanjutkan, walau aturan telah diberlakukan secara tegas, namun masih banyak saja anak usia dini mengajukan permohonan untuk menikah.

Daman menyebut, alasan edukasi menjadi faktor utama. Menurutnya, banyak anak di bawah umur lebih cenderung untuk segera bekerja dan memutuskan untuk menikah.

Selain itu, faktor lainnya juga terjadi akibat kehamilan di luar pernikahan.

"Kalau sudah begitu, kami arahkan mengajukan permohonan dispensasi nikah ke pengadilan saja. Walau keluarga telah sepakat namun tetap keputusan di pengadilan," ujarnya.

Sejauh ini pula menurutnya pihak KUA Galang telah melakukan sosialisasi kepada seluruh warga terkait aturan yang telah ditetapkan. Pihaknya tak ingin angka pernikahan usia dini kembali meningkat di tahun berikutnya. (tribunbatam.id/ichwannurfadillah)

Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved