TANJUNGPINANG HARI INI

Jalin Sinergitas Pilkada Kepri, Anggota Bawaslu dan KPU Temui Kapolres Tanjungpinang

Kunjungan Bawaslu dan KPU ke Kapolres Tanjungpinang dilakukan untuk membangun sinergitas dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020

Jalin Sinergitas Pilkada Kepri, Anggota Bawaslu dan KPU Temui Kapolres Tanjungpinang
tribunbatam.id/endrakaputra
Anggota Bawaslu bersama KPU Tanjungpinang foto bersama usai kunjungan dengan Kapolres Tanjungpinang AKBP M Iqbal, Selasa (7/1/2020). 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Bawaslu bersama KPU Kota Tanjungpinang bertemu  Kapolres Tanjungpinang AKBP M Iqbal

Kunjungan dilakukan dalam rangka membangun sinergitas untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur, dan Wakil Gubernur 2020.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini menjelaskan, selama ini kerja sama kelembagaan Bawaslu dengan Polres dalam mensukseskan pesta demokrasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 sudah terjalin dengan baik.

Pihaknya ingin dalam tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2020 di Tanjungpinang,  sinergitas dalam menciptakan Pilkada yang demokratis, bermartabat, damai dan kondusif dapat ditingkatkan.

"Silaturahmi ini menjadi penting dalam meningkatkan koordinasi dan sinergitas dan penguatan fungsi kelembagaan dalam mensukseskan Pilkada yang berkualitas", ucapnya, Selasa (7/1/2020).

Secara teknis, sinergitas yang telah terbangun dalam berbagai hal. Seperti koordinasi untuk menciptakan suasana pesta demokrasi yang kondusif dan aman, maupun upaya pencegahan terhadap berbagai potensi kerawanan.

Serta upaya penegakan keadilan Pemilu dalam kelembagaan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) yang terdiri dari unsur Bawaslu, Polres dan Kejaksaan Negeri Tanjungpinang

"Bawaslu telah mengintruksikan kepada seluruh Panwascam yang sudah terbentuk untuk senantiasa membangun silaturahim dan sinergitas dengan Polsek dan stakeholder lainnya disetiap wilayah Kecamatannya," ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini sentra Gakkumdu telah menangani 12 kasus dugaan pidana Pemilu, yang terdiri atas 5 perkara inkrah dalam putusan Pengadilan Negeri, dan 7 lainnya selesai dipembahasan kedua Sentra Gakkumdu.

Secara umum, pada Pemilu 2019, Bawaslu telah menangani 15 dugaan pelanggaran Pemilu. Diantaranya, 12 Pidana Pemilu, 2 pelanggaran administrasi, dan 1 pelanggaran kode etik.

"Dalam waktu dekat akan dibentuk kembali sentra Gakkumdu. Saat ini sedang menunggu arahan dari Bawaslu RI, terkait waktu dan jumlah personilnya", jelasnya

Halaman
1234
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved