Breaking News:

BATAM TERKINI

KPU Batam Mulai Rekrut Anggota PPK dan PPS, Berikut Jadwal dan Pesyaratannya

Demi terselenggaranya Pilkada Serentak yang lancar dan tanpa masalah, Agusti mengimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi dengan mendaftarkan diri

TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Ketua KPU Batam, Herrigen 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ketua KPU Kota Batam Herrigen Agusti mengajak warga Batam untuk mendaftarkan diri sebagai bagian dari Pilkada Serentak 2020.

Agusti mengatakan bahwa warga Batam dapat mendaftar sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kita sedang dalam tahapan persiapan pemilu sekarang, jadi kita lagi fokuskan untuk merekrut anggota PPS dan PPK untuk Kota Batam,” ujarnya, Rabu (8/1/2020).

Proses perekrutan ini akan diselenggarakan mulai 15 Januari sampai 14 Februari 2020 untuk pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Untuk Panitia Pemilihan Suara (PPS) yang berada di tingkat Kota Batam pembentukan akan diadakan mulai 15 Februari sampai 14 Maret 2020.

Jelang PILKADA, KPU Batam Ajak Masyarakat Gabung Jadi Anggota PPS dan PPK, Ini Tujuannya

Bidik Pemilih Pemula, KPU Batam Akan Sosialisasi ke Sekolah dan Kampus

JELANG Pilkada Serentak 2020, 1 Divisi KPU Batam Belum Ada Komisioner

Jalin Sinergitas Pilkada Kepri, Anggota Bawaslu dan KPU Temui Kapolres Tanjungpinang

Demi terselenggaranya Pilkada Serentak yang lancar dan tanpa masalah, Agusti mengimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi dengan mendaftarkan diri sebagai anggota PPS dan PPK.

Menurut Agusti, dengan banyaknya masyarakat yang mendaftar maka akan lebih mudah dalam menyaring sumber daya manusia terbaik untuk dipilih.

“Kita berharap lebih banyak yang mendaftar, maka kita akan bisa menyaring kandidat terbaik untuk menjadi anggota PPS dan PPK,” sambung Agusti.



Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengunjungi website KPU Kota Batam di kpud-batamkota.go.id.

Sementara untuk syarat calon PPK salah satunya tidak menjadi tim kampanye peserta pemilihan.

Sedangkan untuk syarat lain, harus WNI, berusia paling rendah 17 tahun, setia pada dasar negara, memiliki integritas, tidak menjadi anggota partai politik minimal 5 tahun, domisili dalam wilayah kerja tempat calon PPK, sehat dan bebas napsa, pendidikan paling rendah SMA atau sederajat.



Untuk diketahui, anggota PPK berjumlah 5 orang dengan mempertimbangkan 30% perwakilan perempuan, dalam hal struktur ada ketua merangkap anggota dan 4 orang anggota.

Merujuk pada PKPU 16 tahun 2020 tentang jadwal, tahapan dan program Pilkada Kota Batam 2020, masa jabatan PPK selama 9 bulan, dari 1 maret hingga 30 November 2020 (Laporan akhir kinerja PPK).(Tribunbatam.id/Ardana Nasution)

Penulis:
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved