TANJUNGPINANG HARI INI

Jelang Imlek, Wali kota Tanjungpinang Berikan Paket Sembako ke Ketua RT dan RW

Wali kota Tanjungpinang, Syahrul menyerahkan 34 paket sembako ke sejumlah Ketua RT dan RW yang merayakan imlek.

Jelang Imlek, Wali kota Tanjungpinang Berikan Paket Sembako ke Ketua RT dan RW
tribunbatam.id
Wali kota Tanjungpinang, Syahrul memberikan paket sembako kepada Ketua RT dan RW yang merayakan imlek di aula Kantor Lurah Tanjungpinang Kota, Rabu (15/1/2020). 
TRIBUNBATAM.id,TANJUNGPINANG - Wali kota Tanjungpinang menyerahkan paket sembako ke sejumlah Ketua RT dan RW.
Paket sembako diberikan untuk Ketua RT dan RW yang merayakan imlek di tahun 2020 ini. Mewakili Pemerintah Kota Tanjungpinang, ada 34 orang yang menerima paket bantuan yang diberikan Syahrul. 
Paket sembako ini diserahkan langsung oleh Wali kota Tanjungpinang Syahrul di Aula Kantor Lurah Tanjungpinang Kota, Rabu (15/1/2020).
Syahrul mengatakan, pemberian paket sembako ini sebagai wujud kebersamaan dan semangat kebhinekaan untuk saling bertoleransi satu sama lain.
Dikatakannya, perayaan Imlek ini merupakan suatu peringatan yang memberikan warna tersendiri di Indonesia khususnya di Kota Tanjungpinang.
"Kita di sini semua bersatu dalam semangat kebhinekaan. Kita harus hidup saling bertoleransi satu sama lainnya. Semoga dengan pemberian paket sembako ini dapat bermanfaat untuk para RT dan RW yang merayakan Imlek," katanya.
Ia menambahkan, dengan semakin banyaknya tugas dan fungsi yang diemban oleh RT dan RW, Pemko Tanjungpinang berupaya terus menerus untuk tetap membantu dalam menjalankan amanah sebagaimana yang telah diberikan oleh masyarakat.
"Saya berharap RT dan RW terus berperan aktif dalam pembangunan Kota Tanjungpinang, mengoptimalkan pelayanan dan turut berpartisipasi dalam menampung serta menyalurkan baspirasi masyarakat sesuai dengan amanah yang diberikan," lanjutnya.
Syahrul mengimbau, kepada seluruh RT dan RW agar lebih aktif mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan terutama bagi masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan laut atau pelantar.
"Ajak masyarakat untuk menjaga lingkungan terutama di wilayah pesisir dan pelantar, saya melihat banyak sekali sampah plastik di wilayah tersebut, bila perlu tidak ada lagi penggunaan plastik dalam segala hal, ini merupakan tugas dari RT dan RW untuk menyampaikan kepada masyarakatnya,"ujarnya.
Camat Tanjungpinang Kota, Nasrizal dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Pemko Tanjungpinang dalam sempena peringatan hari raya agama masing-masing.
"Untuk peringatan Imlek ini ada 34 paket sembako yang akan diberikan, waktu penyerahan paket sembako ini disesuaikan dengan hari raya masing-masing agama sebagai bentuk perhatian Pemko Tanjungpinang kepada RT dan RW,"ucapnya.
Nasrizal menjelaskan, tujuan pemberian paket sembako ini untuk memberikan semangat dan memotivasi sikap RT dan RW dalam menjalankan tugas sebagai mitra kerja pemerintah.
"Kita harapkan pemberian paket sembako ini kinerja RT dan RW dalam rangka membantu penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kota Tanjungpinang terus meningkat,"jelasnya.
Paket sembako yang diberikan, berupa tepung terigu, tepung tapioka gula pasir, mentega kemasan, minyak goreng, susu kental manis dan sirup.
Adapun jumlah penerima sembako yaitu 25 paket untuk 16 Ketua RT, dan 9 Ketua RW di Kecamatan Tanjungpinang Kota, serta 9 paket untuk 7 Ketua RT, dan 2 Ketua RW di Kecamatan Tanjungpinang Barat.
Bazar Imlek di Tanjungpinang

Bazar imlek digelar di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.  

Bazar ini terpusat di di kawasan Kota Lama, jalan Merdeka sampai Tengku Umar, Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Hiasan lampion indah berwarna merah tampak terbentang di sepanjang kawasan kota lama itu.

Gapura bertuliskan "Gong Xi Fa Cai" yang dihiasi lampu, dan pernak-pernik khas imlek serta alunan lagu-lagu mandarin menambah semarak suasana di bazar imlek.
Bazar Imlek di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Rabu (8/1/2020).
Bazar Imlek di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Rabu (8/1/2020). (tribunbatam.id/endrakaputra)

Deratan stan yang memenuhi sisi kanan dan kiri jalan menawarkan berbagai jenis variasi produk seperti aneka minuman, makanan, aksesoris, fashion, pernak-pernik dan kue-kue imlek.

Ada juga stan yang menjual tanjak, mainan anak-anak, eletronik, hingga produk handphone.

Kehadiran stan bazar ini tentunya menarik perhatian ribuan pengunjung, baik yang ingin berbelanja atau hanya sekadar mencuci mata.

Setiap tahun, sebelum perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Tanjungpinang selalu dibalut dalam pesta rakyat yang dikenal dengan Bazar Imlek.

Seorang pengunjung bazar, Adel mengaku senang dengan adanya bazar imlek ini. Datang bersama teman-temannya, bazar ini selalu ditunggu, karena hanya dibuka satu tahun sekali.

"Di sini kami bukan hanya bisa melihat indahnya lampion pada malam hari saja, tapi bisa berwisata kuliner. Banyak sekali jajanan dan barang-barang menarik di sini," sebutnya, Rabu (8/1/2020) malam.

Pedagang menjual barang dagangannya di bazar imlek di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Rabu (8/1/2020).
Pedagang menjual barang dagangannya di bazar imlek di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Rabu (8/1/2020). (tribunbatam.id/endrakaputra)

Sambil mencicipi aneka jajanan, pengunjung juga bisa berswafoto dengan latar belakang lampion indah berwarna merah.

"Bazar ini jadi destinasi menarik bagi kami untuk mengisi waktu libur," ujarnya

Seorang penjual pakaian yang biasa berkeliling menjual dagangannya, Cici mengaku gembira dengan adanya bazar imlek, karena bisa menambah omzet dan pelanggan baru.

"Saya berjualan sudah 27 tahun. Meski hanya setahun sekali, bazar imlek ini bisa jadi mata pencarian saya. Jadi setiap tahun saya pasti ikut mengisi stan di bazar imlek ini," katanya sambil menawarkan dagangannya.

Sebagai informasi, kegiatan bazar imlek di kota Tanjungpinang berlangsung selama satu bulan. Mulai 27 Desember 2019, hingga 22 Januari 2020.

Bazar ini merupakan salah satu agenda tahunan yang digelar di kota Tanjungpinang. Tujuannya untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya etnis Tionghoa kepada masyarakat Indonesia serta menggaet wisatawan untuk datang ke kota Gurindam.

Wali kota Tanjungpinang Syahrul telah meresmikan bazar tersebut pada Jumat (27/12/2019) lalu.(Tribunbatam.id/Endrakaputra)
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved