TANJUNGPINANG TERKINI

Bayam hingga Cabai Pemicu Inflasi di Tanjungpinang, Selama Desember 2019 Capai 1,17 Persen

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang menggelar rapat rutin dalam upaya mengendalikan inflasi di Kota Tanjungpinang.

Bayam hingga Cabai Pemicu Inflasi di Tanjungpinang, Selama Desember 2019 Capai 1,17 Persen
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Ilustrasi cabai 

Bayam hingga Cabai Pemicu Inflasi di Tanjungpinang, Selama Desember 2019 Capai 1,17 Persen

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang menggelar rapat rutin dalam upaya mengendalikan inflasi di Kota Tanjungpinang.

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat ruang rapat Engku Putri Raja Hamidah Kantor Walikota Tanjungpinang dipimpin langsung Walikota Tanjungpinang Syahrul dan didampingi Wakil Walikota Rahma, Selasa (21/1/2020).

Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Kepri, Fadjar Majardi menjelaskan secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi provinsi kepri pada 2019 tecatat lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Kinerja perekonomian ini mengindikasikan momentum pertumbuhan ekonomi Kepri yang tetap terjaga dalam fase peningkatan sejak pertengahan tahun 2017.

Indeks Harga konsumen (IHK) Kepri pada Desember 2019 mengalami inflasi sebesar 1,27 persen (mtm), di bandingkan bulan November 2019 tercatat deflasi sebesar 0,03 persen (mtm).

"IHK Nasional pada Desember 2019 mengalami Inflasi sebesar 0,34 persen (mtm), secara tahunan IHK kepri mengalami infasi sebesar 2,03 persen (yoy), inflasi Tanjungpinang 2019 terkendali capaian Inflasi sebesar 2,40 persen (Yoy) dipicu oleh kelompok bahan makanan sebesar 4,01persen (yoy), dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keungan sebesar 0,81 persen (mtm) terutama tarif angkutan udara," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungpinang, Mangamputua Gultom juga menjelaskan, hal yang sama bahwa untuk saat ini inflasi di Kota Tanjungpinang bulan Desember 2019 sebesar 1,17 persen masih terus stabil.

Inflasi Batam Desember 2019 Tertinggi se-Indonesia, Ini Pemicunya

"Ini merupakan suatu prestasi bagi Kota Tanjungpinang yang harus terus dijaga," ucapnya.

Adapun komoditas dominan pemicu Inflasi di Kota Tanjungpinang selama bulan Desember meliputi, bayam, bawang merah, cabai merah, ikan tongkol dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved