BATAM TERKINI

Satreskrim Polresta Barelang Batam Amankan 8 TKI Ilegal, Seorang Pengurus Jadi Tersangka

Delapan TKI ini ada yang ditangkap di hotel dan ada juga di pelabuhan saat baru datang di Batam.

Satreskrim Polresta Barelang Batam Amankan 8 TKI Ilegal, Seorang Pengurus Jadi Tersangka
TRIBUNBATAM.ID/EKO SETIAWAN
Petugas saat melakukan pemeriksaan terhadap TKI ilegal dan pengurus di Polresta Barelang Batam, Senin (3/2/2020). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Satreskrim Polresta Barelang mengamankan delapan TKI yang akan diberangkatkan ke Malaysia. Selain itu, polisi juga mengamankan satu orang wanita yang bertugas mengantarkan mereka ke Malaysia.

Saat ini, delapan orang bersama satu orang pengurusnya sedang diperiksa di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Barelang.

Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Andri Kurniawan melalui Kanit PPA Polresta Barelang Ipda Dwi Dea Angraini mengatakan, para TKI ini ada yang ditangkap di hotel dan ada juga di pelabuhan saat baru datang di Batam.

"Satu orang yang bertugas mengantarkan dia, kita amankan dan sudah kita tetapkan sebagai tersangka," sebut Dea kepada Tribunbatam.id, Senin (3/2/2020).




Menurut Dea, satu orang yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut bernama Anis. Ia merupakan perantara dari temannya yang bernama Hendra saat ini berada di Malaysia.

"Sebenarnya ada tiga orang, satu di Jakarta yang tukang rekrut, satu di Malaysia dan satu lagi si Anis ini. Anis sudah kita tetapkan sebagai tersangka dari hasil gelar perkara tadi siang," lanjut Dea.

Sementara itu, Amin calon TKI yang akan diberangkatkan ke Malaysia mengaku dirinya sudah habis uang Rp 10 juta untuk mengurus kepergiannya tersebut.

Rekrut TKI Ilegal Bekerja ke Malaysia, Wanita Asal Malaysia Ditangkap di Batam

Kapal TKI Ilegal Karam di Riau, Polres Bengkalis Koordinasi dengan Dinsos Periksa 10 Korban Selamat

Uang Rp 10 juta itu digunakan untuk fasilitas seperti ongkos kapal dan penginapan selama ia berada di Batam.

"Uang Rp 10 juta itu di luar biaya paspor. Kalau paspor kami buat sendiri," sebut Amir yang mengaku berasal dari Jawa ini.

Sementara itu Anis yang sudah ditetapkan sebagai tersangka mengaku dirinya sudah satu kali meloloskan calon TKI ke Malaysia.

Halaman
123
Penulis: ekosetiawan
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved